x

Ratusan Istri Gugat Cerai, Jumlah Janda di Purwakarta Terus Melonjak

1 minutes reading
Wednesday, 12 Oct 2022 05:39 0 133 Iki

BICARAINDONESIA-Purwakarta : Di salah satu daerah Jawa Barat, yaitu Purwakarta, ratusan istri menggugat cerai suaminya karena berbagai perkara. Hal ini membuat jumlah jada di daerah tersebut melonjak naik.

Sejak awal tahun hingga September 2022, kasus perceraian di Kabupaten Purwakarta menembus 1.658 perkara. Dari 1.658 perkara yang masuk ke Pengadilan Agama (PA) Purwakarta tersebut, di antaranya sudah ada yang diputus cerai, baik talak maupun gugat.

“Dari total perkara yang masuk, sudah diputus cerai sebanyak 1534 perkara,” kata Ketua Panitera PA Purwakarta Asep Kustiwa, Selasa (11/10/22).

Menurut Asep, perselisihan pasangan kerap jadi pemicu gugatan cerai terjadi. Selain permusuhan yang secara terus menerus, masalah perekonomian juga menjadi salah satu pemicu para istri menggugat cerai suaminya.
“Alasan lainnya berupa kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), ada juga yang murtad atau keluar dari agamanya, hingga ditinggalkan salah satu pihak,” katanya.

Sementara itu, dari ribuan perkara tersebut, ada pula gugatan cerai dari Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika terhadap suaminya, yaitu Anggota DPR Dedi Mulyadi. Diketahui, sidang perdana gugatan cerai Bupati Anne digelar pada 5 Oktober 2022 lalu. Namun, pihak tergugat tidak hadir sehinnga sidang ditunda dan akan dilanjutkan pada 19 Oktober 2022 mendatang.

Editor: Rizki Audina

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x