x

Arist Merdeka dan Yudhistira, Dampingi Muslim Susanto Maju di Pilkades Bakaranbatu

3 minutes reading
Thursday, 6 Jan 2022 01:40 0 149 admin

BICARAINDONESIA-Batangkuis : Pemandangan berbeda tampak dalam tahapan penjaringan calon Kepada Desa Bakaranbatu, Kecamatan Batangkuis, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, Rabu, 5 Januari 2021.

Hal itu terlihat saat salah satu calon kontestan bernama Muslim Susanto, hadir mendaftarkan diri di P2K Desa Bakaran Batu, Jalan Utomo Dusun II, Desa Bakaran Batu Kecamatan Batangkuis.

Selain sosoknya yang dikenal, kehadirannya sangat menyedot perhatian, setelah seorang tokoh nasional sekaligus Ketua Komnas Perlindungan Anak, Arist Merdeka Sirait ikut mendampinginya.

Bersamanya juga turut sahabat lamanya Yudhistira, yang juga dikenal sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Forum Masyarakat Pemantau Negara (DPN Formapera).

Kehadiran kedua sosok tersebut mendampingi sang calon Kades bukan tanpa sebab. Karena Muslim Susanto adalah Kader dari LSM Formapera yang nenjabat sebagai Ketua DPD Deliserdang.

Selain itu, kehadiran Arist Merdeka merupakan bentuk komitmennya dalam memberikan support dan dukungan pada Pilkades serentak di Kabupaten Deliserdang pada April 2022 mendatang, serta menyampaikan pesan tersirat bahwa kedepannya setiap desa harus menjadi garda terdepan dalam memberikan perlindungan bagi anak.

“Saatnya desa harus menjadi Desa Ramah Anak, dari mana kita mulai, dari calon-calon kepala Desa yang saat ini akan bertarung pada Pilkades tahun ini,” kata Arist kepada wartawan disela kehadirannya.

Untuk itu, ia meminta kepada calon yang akan berlaga nanti, harus berkomitmen dan berjanji menjadikan desa ramah bagi anak.

“Ini momen yang baik, untuk kita sampaikan pesan. Inilah kehadiran saya disini. Komnas PA dan LSM Formapera juga sepakat menjalin kerjasama, sama-sama mengawasi jalannya Pilkdes dan berkomitmen memberikan perlindungan anak, kita mulai dari tingkat Desa, kita ciptakan Desa itu ramah anak, melalui pengawasan organisasi kita,” tandasnya.

Senada, juga diutarakan Ketua Umum DPN Formapera Yudhistira. Tak hanya sekadar mengawal kadernya dalam kontestasi, pihaknya juga bersepakat dengan Komnas PA untuk mengawasi jalannya Pilkades serentak di Kabupaten Deliserdang.

“Kita bersepakat bagaimana organisasi ini bisa secara maksimal menjalankan fungsinya sebagai sosial kontrol dalam mengawal visi calon Kades untuk memberikan perlindungan bagi anak. Dan hari ini kita mulai dengan fokus pada tingkat desa,” ujarnya.

Lebih jauh dikatakan Yudis, seperti diketahui, hingga kini masih banyak kasus kekerasan yang terjadi pada anak yang saatnya menjadi perhatian semua pihak.

“Seperti yang kita ketahui bersama, kemarin bang Arist mengunjungi 13 anak yang mengalami kekerasan seksual di Bangun Purba, Deliserdang, tentu sangat miris hal ini terjadi di Kabupaten Deliserdang,” sebutnya.

Maka dari itu, sambung Yudis, langkah awal yang dilakukan Formapera dan Komnas PA, dimulai dari kader yang mencalonkan diri sebagai calon kepala desa.

“Seperti yang saat ini kita hadir di Desa Bakaranbatu mendampingi Ketua DPD Formapera Muslim Susanto mendaftar. Disini kami mau menunjukkan, Formapera siap memberikan dukungan nyata, siapa kader kita yang maju, siap dan berkomitmen dalam program bersama kita dengan Komnas PA untuk memberikan perlindungan bagi anak, khususnya nanti menjadikan desa ramah anak,” pungkasnya.

Sementara, selain Desa Bakaranbatu, Arist Merdeka bersama Yudhistira juga melakukan Roadshow ke tiga Desa yang ada di Kecamatan Percut Seituan, untuk memberikan dukungan langsung kepada Kader Formapera dalam pertarungan Pilkades Tahun 2022.

Di ketiga desa yang dikunjungi antara lain Bandar Khalippah, Tembung dan Medan Estate, Ketua Komnas PA juga memberikan penghargaan Desa Sahabat Anak bagi ketiga Desa Tersebut, dan meminta ketiga kepala desa untuk bersepakat dan komitmen menciptakan Desa Ramah Anak.

Penulis : Feri A
Editor : Teuku

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x