x

Di Awal November, Sinabung Kembali Luncurkan Awan Panas

2 minutes reading
Sunday, 1 Nov 2020 09:20 0 94 admin

BICARAINDONESIA-Karo : Dalam sepekan terakhir, aktivitas Gunung Api Sinabung di Kab. Karo, Sumatera Utara terus nenunjukkan peningkatan. Fenomena itu ditandai dengan sejumlah luncuran awan panas yang terus terjadi dari kawah gunung setinggi 2460 mdpl itu

Bahkan di awal November ini, Minggu (1/11/2020), Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), mencatat, kendati tertutup asap kawah bertekanan lemah hingga sedang teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi 100-400 m di atas puncak, namun tetap teramati guguran atau awan panas dengan jarak luncur 200-500 m mengarah ke timur dan tenggara.

Rilis resmi dari pos mengamatan juga menjelaskan, sepanjamg hari ini, untuk kegempatan meliputi guguran, telah terjadi 33 kali, dengan amplitudo : 2-36 mm dan durasi : 12-77 detik.

Untuk Low Frekuensi berjumlah 5, amplitudo 3-6 mm, durasi : 8-67 detik. Tektonik Lokal satu kali, amplitudo 23 mm, S-P 2 detik, durasi 14 detik. Sedangkan Tektonik Jauh terjadi 1 kali, amplitudo 7 mm, S-P tidak terbaca, durasi 507 detik.

Karena itu, PVMBG kembali mengeluarkan imbauan kepada masyarakat agar tetap waspada atau kondisi terhadap gunung yang kini berstatus Level III (Siaga). Rekomendasinya antara lain

1. Masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.
2. Jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.
3. Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar

Penulis/Editor : Yudis

 

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x