x

Diserahkan Presiden secara Virtual, Pemko Medan Terima 17  Sertifikat Aset Tanah

3 minutes reading
Tuesday, 27 Oct 2020 10:39 0 149 admin

BICARAINDONESIA-Medan : Pemko Medan menerima 17 sertifikat aset tanah dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) pada acara Penyerahan Sertifikat Tanah untuk Rakyat Secara Virtual Provinsi Sumatera Utara di Lapangan Seroja, Jl. Seroja, Kel. Sunggal, Kec. Medan Sunggal, Selasa (27/10/2020). Selain Medan, ada 11 kabupaten/kota lainnya  di Sumut yang melakukan penyerahan sertifikat untuk rakyat pada waktu bersamaan.

Penyerahan sertifikat untuk rakyat secara virtual dilakukan langsung Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN RI Sofyan Djalil, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan serta Gubsu Edy Rahmayadi di Kab. Humbanghasundutan.

Untuk Sumut sendiri, ada 20.000 sertifikat yang diserahkan. Diharapkan, sertifikat yang diserahkan itu dapat bermanfaat bagi masyarakat, terutama sebagai tanda kepemilikan yang sah atas tanah miliknya.

Tampak hadir dalam acara itu Pjs Walikota Medan Ir Arief Sudarto Trinugroho MT. Selain itu juga  Plt Kepala Kantor Pertanahan Kota Medan M Ridwan SH MKN, Kapolrestabes Medan Kombes Riko Sunarko  SH, SIK, MSi, Kajari Medan T Rahmatsyah SH MH,  Kapten Inf Hari Susilo mewakili Dandim 0201/BS serta sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan.

Dalam sambutannya, Pjs Walikota mengatakan, target sertifikat yang akan diserahkan di Kota Medan tahun 2020 sebanyak 3.000 sertifikat, sedangkan yang sudah selesai 1.226 sertifikat.

“Hari ini secara simbolis sertifikat yang diserahkan di Kota Medan sebanyak 50 sertifikat, 17 di antaranya merupakan  sertifikat tanah aset Pemko Medan,  2 sertifikat untuk Pemprov Sumut dan 1 sertifikat untuk PLN dan sisanya untuk warga,” kata Arief.

Ia juga mengucapkan terima kasih atas penyerahan sertifikat tanah aset Pemko Medan. Tentunya ini menjadi semangat baru bagi Pemko Medan dalam menjalankan roda pemerintahan dan pelayanan serta pembangunan di Medan.

“Saya berharap dengan ada penyerahan sertifikat tanah ini, aset Pemko Medan lebih terjaga dan terlindungi dengan baik, sehingga ke depannya dapat dimanfaatkan secara optimal,” harap Arief.

Jalinan kerjasama sinergi antar
pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kota, serta berbagai pihak terkait, lanjut Arief, program yang menyentuh langsung masyarakat dapat terlaksana dengan lancar tanpa hambatan, sehingga target yang telah direncanakan tercapai secara optimal.

Pjs Walikota itu juga mengimbau warga yang belum mengurus sertifikat segera memanfaatkan kemudahan yang telah diberikan oleh pemerintah ini.

“Kalau dulu mengurus serifikat sangat sulit tapi sekarang sangat mudah, bahkan petugas jemput bola,” ucapnya seraya mengatakan, sertifikat tanah sebagai tanda kepemilikan hak dan dapat digunakan untuk perbantuan modal.

Sebelumnya, Plt Kepala BPN Medan Ridwan melaporkan, sertifikat yang diserahkan hari ini sebanyak 1.226 dan  secara virtual diwakili 35 penerima.

“Semoga dengan diterimanya sertifikat ini dapat dipergunakan masyarakat dengan sebaik-baiknya, baik untuk permodalan maupun kepemilikan yang sah,” harapnya.

Selain Medan, sertifikat warga di kabupaten/kota lain juga menerima sertifikat ini, di antaranya Binjai, Tebingtinggi, Tanjungbalai, Padangsidimpuan, Sibolga, Deliserdang, Serdangbedagai, dan Simalungun.

Editor : Chairul/rel

 

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x