x

Fomapera Gelar Aksi Peduli Makam Tertua di Batangkuis yang Tak Terawat

2 minutes reading
Sunday, 6 Dec 2020 02:07 0 131 admin

BICARAINDONESIA-Batangkuis : Seiring dengan fokus organisasi yang konsisten melakukan kontrol sosial, Lembaga Swadaya Masyarakat Forum Masyarakat Pemantau Negara (LSM Formapera) juga menunjukan eksistensinya untuk terus berbuat bagi masyarakat.

Pemandangan itu terlihat ketika LSM Formapera melakukan Bakti Sosial dalam program Pembangunan Gapura Komplek Perkuburan Muslim tertua di Desa Bintangmeriah, Kec. Batangkuis, Sabtu (5/12/2020).

Melalui biaya swadaya anggota Formapera dan saluran donasi tidak terikat yang turut membantu, pembangunan ini bentuk kepedulian atas area makam yang tak terawat dan bertujuan untuk merubah image komplek perkuburan yang terkesan suram.

Lewat kegiatan ini pula, LSM Formapera, nantinya akan dibangun gapura beroranamen ciri khas islami dan Melayu sesuai kultur khas masyarakat Batangkuis dahulu.

Untuk mewujudkan hal itu, Sabtu siang, 5 Desember 2020 tepat pukul 12.00 WIB, peletakan batu pertama tanda pembangunan Gapura Perkuburan Muslim Batang Kuis dilaksanakan.

Seluruh jajaran Formparera dan Kades Bintangmeriah berfoto bersama Ketua Umum Formapera, Yudhistira/foto : ist

Prosesi peletakan batu pertama itu dilakukan oleh Ketua Umum Formapera Yudhistira S.Ikom, dilanjutkan oleh Kepala Desa Bintangmeriah Bambang Hartoko, SH dan perwakilan pemerintahan Desa Pekan Batangkuis.

Disela kegiatan, Ketua Umum DPN Formapera Yudhistira mengaku sangat mengapresiasi langkah jajaran DPW Formapera Sumut dan DPD Formapera Deliserdang yang masih menyempatkan diri melakukan bakti sosial untuk kepentingan masyarakat banyak.

“Kehadiran Formapera sejak awal bukan hanya sebatas melakukan sosial kontrol, tapi kehadiran kita juga harus mampu dirasakan seluruh masyarakat. Misalnya dalam pemugaran makam ini sebagai rumah masa depan semua manusia, ini juga harus diperhatikan kondisinya. Jangan ada kesan menyeramkan, apalagi posisi makam tertua ini ada di inti kota Kecamatan Batangkuis,” ucap Yudhistira.

Sementara Kades Bintangmeriah, Bambang Hartoko, SH nengaku sangat terharu atas apa yang dibuat LSM Formapera.

“Saya Bangga dengan kepedulian Formapera yanng telah menunjukan identitas diri yang berbeda dari yang lainnya. Apa yg diperbuat ini sangat positif,” katanya

Bambang juga mengatakan, setelah pihaknya akan berbenah. Bahkan pihak dinas terkait juga akan segera melakukan perbaikan diarea makam.

“Kita sudah layangkan permohonan, informasinya dalam waktu dekat seperti drainase makam akan diperbaiki. Ke depan mudah mudahan akan kita tata makam tertua di Batangkuis ini lebih baik lagi,” ucapnya.

Sementara, kegiatan itu turut pula dihadiri Sekjen Formapera Bambang Syahputra, Bendahara Umum Dedy, Dewan Pengawas DPN Formapera Irvan, Ketua DPW Formapera Sumut Feri Afrizal , Ketua DPD Formapera Deliserdang Muslim Susanto, unsur pemerintahan dan pengurus makam.

Penulis/Editor : Feri

 

 

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x