Hasil 0-0 Cukup Buat Kroasia Lolos, Belgia Tersingkir

Jalannya laga hidup mati Kroasia vs Belgia/foto : fb

BICARAINDONESIA-Doha : Belgia akhirnya harus angkat kaki dari Qatar setelah dalam laga terakhir fase grup Piala Dunia 2022, hanya bermain imbang 0-0 dengan Kroasia.

Dengan hasil tersebut, Kroasia dipastikan lanjut ke babak 16 besar bersama Maroko, Belgia out!

Kroasia vs Belgia merupakan salah satu mathcday terakhir Grup F Piala Dunia 2022. Laga tersebut digelar di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, pada Kamis malam (1/12/22) WIB.

Kroasia hanya butuh hasil imbang untuk melaju ke 16 besar Piala Dunia 2022. Lain sisi, Belgia wajib menang jika ingin ke fase gugur tanpa bergantung hasil laga Maroko vs Kanada yang main di waktu yang sama.

Di babak pertama, skor berakhir sama kuat 0-0. Di babak kedua, laga berjalan lebih seru dan sengit dengan balas-balasan serangan, namun tak ada pula gol yang tercipta.

Hasil itu membuat kedua tim sama-sama kantongi satu poin. Hasil akhir Grup F Piala Dunia 2022, Maroko jadi pemuncak grup setelah menang 2-1 atas Kanada dengan total tujuh poin, Kroasia dengan lima poin sebagai runner up. Belgia dan Kanada angkat koper.

Jalannya pertandingan

Dilansir detkcom, begitu pertandingan dimulai, Kroasia langsung menyerang. Tembakan Ivan Perisic ketika laga baru berjalan 20 detik masih menyamping tipis dari sasaran.

Carrasco mengancam gawang Kroasia. Dirinya menusuk kotak penalti dari sisi kiri, namun tembakannya masih diblok barisan belakang Kroasia.

Semenit kemudian Carrasco punya peluang lagi. Setelah menerima umpan Martens, sepakannya kembali diblok oleh Juranovic.

Giliran Martens coba keberuntungan. Tembakannya kala menerima umpan terobosan De Bruyne di depan kotak penalti masih melambung tinggi.

Penalti buat Kroasia di menit ke-15! Bermula dari situasi tendangan bebas di kanan pertahanan Belgia, kemelut terjadi, dan si kulit bundar sempat dikuasai Carrasco tapi tidak terkontrol dengan baik. Kramaric sang striker Kroasia lebih cepat merebutnya dan kaki Carrasco malah mengenainya.

Modric sudah maju jadi algojo, namun wasit Anthony Taylor mengecek VAR karena ada dugaan offside. Setelahnya, Taylor menyatakan offside yang dilakukan Lovren. Penaltinya batal!

Kroasia terus menekan, Belgia kesulitan bangun serangan. Belgia bahkan kesulitan menembus sepertiga akhir lapangan.

Kroasia pun nampak buntu ketika kepung pertahanan Belgia. Setan Merah bertahan dengan rapat.

10 Menit terakhir, tidak ada peluang berbahaya yang tercipta. Skor ditutup sama kuat 0-0 tanpa ada shots on target.

Babak kedua dimulai, Belgia lakukan perubahan. Romelu Lukaku masuk gantikan Dries Mertens.

Lukaku langsung bikin peluang di menit ke-49. Sundulannya terarah, tapi kiper Livakovic mampu mengamankannya.

Babak kedua dimulai, Belgia lakukan perubahan. Romelu Lukaku masuk gantikan Dries Mertens.

Lukaku langsung bikin peluang di menit ke-49. Sundulannya terarah, tapi kiper Livakovic mampu mengamankannya.

Kroasia membalas. Kovacic menerima bola di dalam kotak penalti dan lepas tembakan terukur, tapi Courtois melompat untuk menepisnya.

Di menit ke-51, De Bruyne punya kans setelah main bola pendek dengan Lukaku. Sayangnya, sepakannya jauh dari sasaran.

Tiga menit kemudian giliran Brozovic lakukan percobaan. Sepakannya mampu ditepis Courtois. Dilanjutkan sepakan Modric, kembali Courtois menggagalkannya.

Peluang emas di menit ke-60! Diawali aksi Carrasco mengacak-acak depan gawang Kroasia, dirinya lepas sepakan dan ditepis Livakovic yang bergerak maju. Bola muntahan jatuh di kaki Lukaku, tapi sepakannya malah kena tiang!

Semenit kemudian, Lukaku punya peluang emas lagi. De Bruyne kirim umpan lambung ke depan kotak penalti, bola terbentur, Livakovic sudah bergerak maju, si kulit bundar mengarah ke Lukaku yang langsung disundul ke gawang yang kosong. Tapi, melambung!

Balas-balasan serang, di menit ke-68, Modric menusuk dari depan kotak penalti lalu lepas tembakan dari posisi sulit. Courtois kembali sigap mengamankannya.

Kedua tim terus ganti-gantian menyerang, Laga pun berlangsung makin ketat di 10 menit akhir.

Di menit ke-90, Lukaku punya peluang emas lagi! Hazard lepas umpan lambung ke depan gawang, Livakovic gagal menjangkaunya, bola jatuh ke dada Lukaku tapi malah bergulir terlalu cepat dan diamankan Livakovic.

Lukaku di injury time nyaris bikin sontekan, tapi giliran bek tengah Gvardiol mampu menyapu bola.

Wasit meniup peluit panjang dan laga tuntas dengan skor akhir Kroasia vs Belgia 0-0.

Susunan pemain:

Kroasia: D Livakovic; J Juranovic, D Lovren, J Gvardiol, B Sosa; L Modric, M Brozovic, M Kovacic (Majer 90+2); A Kramaric (Pasalic 64′), M Livaja (Petkovic 64′), I Perisic.

Belgia:T Courtois; T Alderweireld, L Dendoncker (Tielemans 72′), J Vertonghen; T Meunier (Hazard 87′), A Witsel, K De Bruyne, T Castagne, Y Carrasco (Doku 72′); D Mertens (Lukaku 46′), L Trossard (Hazard 59′).

Editor : Tyan/*

About Post Author

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!