x

Indonesia Duduki Puncak Klasemen Piala Asia 2023 untuk Tim Posisi Ketiga Terbaik 

2 minutes reading
Saturday, 20 Jan 2024 13:00 0 64 Iki

BICARAINDONESIA-Jakarta : Indonesia berada di puncak Klasemen Piala Asia 2023 untuk tim posisi ketiga terbaik usai menang melawan Vietnam kemarin malam. Timnas Indonesia punya peluang untuk lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Dalam pertandingan di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Jumat (19/1/2024), Indonesia menang 1-0 melawan Vietnam lewat gol tunggal dari Asnawi Mangkualam. Eksekusi penalti Asnawi, usai pelanggaran dari pemain Vietnam di kotak terlarang, mengubah skor menjadi 1-0 di menit ke-42. Selain itu, gol tersebut juga memastikan Skuad Garuda meraih tiga angka.

Dengan 3 poin, Indonesia kini menempati posisi ketiga klasemen Piala Asia 2023 di Grup D. Setara dengan raihan Jepang, yang pada pertandingan kedua menelan kekalahan 1-2 di tangan Irak.

Situasi itu membuat Irak dipastikan lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 bermodal 6 poin. Jepang dan Indonesia akan saling berhadapan di matchay ketiga, dengan kesempatan lolos yang sama-sama masih dimiliki. Vietnam tereliminasi sebagai juru kunci—karena dipastikan kalah head to head.

Dengan raihan 3 poin saat ini, Indonesia mengejar potensi lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 lewat dua jalur, yakni menjadi runner-up Grup D dengan menemani Irak, atau lolos sebagai salah satu dari tim posisi ketiga terbaik.

Selain para juara dan runner-up grup, yang totalnya berjumlah 12, memang masih ada jatah tiket lain buat tim-tim berperingkat ketiga terbaik. Enam tim dari masing-masing grup bakal memburu empat tiket lewat jalur posisi ketiga ini.

Menilik lebih jauh, peluang lolos Indonesia, paling tidak untuk saat ini Skuad Garuda mampu bertengger di puncak klasemen tim-tim posisi ketiga terbaik. Di antara tim-tim yang sudah dua kali main, cuma Indonesia yang meraih kemenangan.

Editor: Rizki Audina/*

LAINNYA
x