x

Kepergian dr Andika Akibat Covid-19, Sisakan Duka Mendalam Bagi Rekan Sejawat

2 minutes reading
Saturday, 1 Aug 2020 16:28 0 128 admin

BICARAINDONESIA-Medan : Seperti diketahui, satu lagi dokter di Kota Medan bernama ‎dr Andika Kesuma Putra Sp.P (K) meninggal dunia, karena terpapar Covid-19. Dokter spesial paru itu, menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Columbia Asia, Kota Medan, Sabtu (1/8/2020).

Kepergian Andika pun menyisakan duka mendalam bagi rekan sejawatnya, terlebih bagi tim medis yang berada di garda terdepan dalam penanganan virus mematikan itu.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumut dr Alwi Mujahit‎ kepada wartawan menjelaskan, pada saat pandemi Covid-19 ini, Andika memang menangani pasien virus corona ‎disejumlah rumah sakit rujukan virus corona di Kota Medan. Diduga ia terpapar virus mematikan itu saat menjalani tugasnya.

“Ada tiga dokter yang terlibat langsung penanganan Covid-19 yang meninggal, salah satunya adalah dr Andika Kesuma,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Medan, dr Wijaya Juwarna Sp-THT-KL mengatakan, dr Andika termasuk generasi emasnya dokter spesialis paru di Sumut. Ia mengucapkan turut duka cita atas meninggalnya dokter muda itu.

“Adik saya itu, junior kita yang juga aktivis di kampus. Sudah konsultan di usia yang muda, dia juga menangani pasien Covid-19 langsung di RS Columbia Asia Medan, sempat juga di RS GL Tobing bergabung di Gugus Tugas. Jadi hari-harinya memang merawat pasien Covid-19,” jelas Wijaya.

Dokter Andika, sebelum meninggal sempat menjalani perawat di RS Columbia Asia selama dua pekan. Namun, kondisinya terus menurun dan akhirnya meninggal dunia hari ini.

“Semoga darmabakti, dedikasi, dan pengabdian beliau akan menjadi suri teladan dan menjadi pendorong semangat bagi tenaga kesehatan dan relawan medis lainnya yang sedang berjuang melawan Covid-19,” kata Wijaya.

Penulis : BSP
Editor : Yudis

 

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x