x

KPU Labuhanbatu Ciptakan Aplikasi Tuntun Pemilih ke TPS

2 minutes reading
Sunday, 1 Nov 2020 09:31 0 115 admin

BICARAINDONESI-Labuhanbatu : KPU Kabupaten Labuhanbatu terus berkreasi lewat inovasi yang bakal dinikmati pada Pilkada Serentak 9 Desember 2020 mendatang.

Kali ini, penyelenggara pemilu di kabupaten itu, menciptakan sebuah aplikasi pencarian lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) bagi setiap warga yang akan menggunakan hak suaranya.

Koordinator Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Labuhanbatu, M Syafril mengatakan, inovasi yang mereka buat itu yakni menciptakan link pencarian lokasi TPS dengan lebih mudah melalui alamat
http://dpt.kpud-labuhanbatukab.go.id.

“Ketika pengguna gawai memasukkan alamat tersebut ke halaman pencarian google, maka secara berjenjang akan digiring melalui sejumlah klikan hingga sampai ke alamat dimana akan menggunakan hak suaranya dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu,” ujarnya, Sabtu, 31 Oktober 2020 kemarin.

Setelah mengetik alamat tersebut, lanjutnya, maka pemilih memasukkan nama lengkap atau NIK dan kecamatan serta masuk ketahapan/klik cari. Program itu juga menyederhanakan dan memudahkan bagi pemilih untuk mengetahui titik koordinat dan gambar TPS.

“Artinya, kita akan terus berbuat guna memberikan kemudahan-kemudahan kepada masyarakat pemilih, salahsatunya dengan menggampangkan mengetahui titik TPS,” terang M Syafril.

Setelah melakukan pencarian di google, maka akan muncul tampilan di handphone yang menerakan kolom nama pemilih, no KK, NIK, tempat lahir, tanggal lahir, jenis kelamin, status dan kolom TPS yang sudah menjelaskan Nomor TPS, kelurahan dan kecamatan.

Untuk mengetahui titik lokasi pencoblosan, sambung Koordinator Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Labuhanbatu itu, pemilih dapat mengklik tanda lingkaran disebelah kiri nomor urut tabel yang nantinya akan menampilkan identitas lengkap hingga dimana TPS sesuai pendaftaran.

“Jadi, ketika kita klik tanda lingkaran, maka muncul identitas lengkap pemilih sekaligus peta jalan hingga rumah atau bangunan dimana lokasi TPS tempat kita menggunakan hak pilih,” sebutnya.

Untuk itu, kepada masyarakat Labuhanbatu dapat mencoba pola pencarian melalui program terbaru yang memang diperkirakan mereka satu-satunya KPU se-Sumut yang menciptakan pencarian terperinci tersebut.

“Ayo, mari kita coba guna secara dini mengetahui lokasi TPS masing-masing. Pola yang kita buat juga mengedepankan mudah mencari dan mudah dimengerti. Selain itu, kami juga berharap ada saran dari masyarakat ataupun lainnya demi perbaikan program pencarian itu,” tutur Syafril.

Penulis : Aji S Harahap
Editor : Yudis

 

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x