KSR PMI Kota Medan Unit Universitas Dharmawangsa Dilantik, Ini Pesan Rektor

Usai Pelantikan, para pengurus KSR PMI kota Medan unit Undhar, foto bersama dengan Rektor Universitas Dharmawangsa Dr.H. Zamakhsyari Bin Hasballah Thayib Lc, MA, Muhammad Amri Nasution, SE, MSi (WR III Undhar), Dr. Kariaman Sinaga, MAP (Dekan Fisip dan pembina KSR) dan para dosen serta pengurus PMI Kota Medan. / Ist

BICARAINDONESIA-Medan : Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan, menggelar donor darah, sosialisasi dan melantik Korps Sukarela (KSR) unit Universitas Dharmawangsa (Undhar) Medan periode 2022-2023 , di aula kampus Jalan KL Yos Sudarso 224, Glugur Kota, Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara, Rabu (22/6/2022).

Ketua PMI Kota Medan H. Musa Rajekshah, S.Sos. M,Hum dalam sambutannya yang diwakili oleh Esti Pribianto S.Pd, M.Hum selaku ketua bidang (kabid) Relawan dan Anggota PMI Kota Medan menyampaikan bahwa, kegiatan PMI tidak hanya sebatas donor darah, masih banyak kegiatan lain seperti pengabdian masyarakat, pemberdayaan masyarakat, menjadi satgas bencana dan juga membudidayakan ikan dalam ember.

“KSR PMI Kota Medan unit Universitas Dharmawangasa yang telah dilantik harus melakukan dan mengikuti sosialisasi Kepalangmerahan, kemudian harus mengikuti pendidikan dan pelatihan dasar dalam 120 jam, yang terdiri dari materi kepalangmerahan, penanggulangan bencana, pertolongan pertama dan lain-lain,” jelas Esti Pribianto S.Pd M.Hum selaku kabid Relawan dan Anggota PMI Kota Medan.

Esti Pribianto juga berharap, Korps Sukarela yang telah dilantik harus bisa langsung terjun ke lapangan dan tidak hanya sebagai penonton.

“Dengan adanya KSR PMI unit Undhar ini, diharapkan bisa langsung terjun ke lapangan, tidak hanya sebagai penonton, melainkan sebagai relawan yang malakukan aksi pertolongan,” harapnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Dharmawangsa Dr.H. Zamakhsyari Bin Hasballah Thayib Lc, MA, sangat menerima kolaborasi yang terjalin dengan PMI Kota Medan dan menyebutkan bahwa pelantikan ini merupakan hasil dari MoU sejak 2021.

“Alhamdulliah, kita sudah selangkah lebih maju. Dengan terbentunya KSR PMI kota Medan unit Undhar ini, mampu meningkatkan kolaborasi yang sudah terjalin dalam MoU pada akhir 2021,” kata Rektor.

Dengan Adanya program kampus merdeka, sebagai bagian dari strategi pemerintahan, dalam meningkatkan prestasi pendidikan tinggi, secara khusus. Dr.H Zamakhsyari Bin Hasballah Thayib Lc, MA menegaskan pada setiap institusi dituntut untuk selalu membangun jejaring kemitraan.

“Setiap institusi dituntut untuk membangun jejaring kemitraan, baik lokal, nasional maupun internasional. Hal itu dilakukan agar memberi kesempatan untuk mahasiswa kita agar dapat menimbah ilmu dan pengalaman, bukan hanya dari ruang belajar saja, tapi melainkan dari banyaknya kegiatan yang dilakukan,” tegas Rektor.

“Dengan ini saya harapkan kita semua mampu berkolaborasi dalam segala kegiatan kemanusiaan, lewat kegiatan di luar kampus ini, sebenarnya dapat mengganti SKS (Satuan Kredit Semester) dalam beberapa mata kuliah. Sehingga, mahasiswa tidak dianggap absen dalam kuliah, tapi kuliah dalam bentuk yang berbeda,” harapnya.

Komandan KSR PMI kota Medan unit Undhar dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih kepada Rektor Undhar, Dekan Fisip, para dosen dan Pengurus PMI Kota Medan.

“Saya ucapkan banyak terima kasih dan hormat saya kepada Rektor Universitas Dharmawangsa Dr. H. Zamakhsyari Bin Hasballah Thayib Lc, MA, Dekan Fisip Dr. Kariaman Sinaga S.Sos, M.AP, selaku pembina KSR, para dosen dan Pengurus PMI Kota Medan, yang telah memberikan tanggungjawab untuk memimpin KSR PMI kota Medan unit Undhar,” ucap M.Yusuf Hutabarat.

Turut hadir pada acara ini, Muhammad Amri Nasution, SE, MSi (WR III Undhar), Dr. Kariaman Sinaga, MAP (Dekan Fisip dan pembina KSR), Ayu Trisna Dewi SH, M.Kn (Dekan Fak. Hukum), T. Syahril Daoed (Ketua Lembaga Penjaminan Mutu), Dr. Budiman Purba, MAP (ketua Carrier Development and Alumni Center), Muya Syaroh Iwanda Lubis, M.I.Kom (Sekretaris Lembaga Penelitian Undhar), Aswand Hasoloan M.Si (Ketua Prodi Adm Bisnis), beberapa dosen Undhar serta para pengurus PMI Kota Medan dan mahasiswa.

Penulis : CW-Widi
Editor : Amri Abdi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *