x

Laksanakan Vaksinasi Kepada Lansia, Wapres Tunggu Rekomendasi Tim Dokter

2 minutes reading
Monday, 8 Feb 2021 05:07 0 150 Ika Lubis

BICARAINDONESIA-Medan : Pemerintah akan melaksanakan vaksinasi nasional Covid-19 kepada kelompok masyarakat lanjut usia (lansia) mulai hari ini, Senin (8/2/2021).

Terkait hal ini, Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang sudah termasuk kategori lansia masih menunggu kajian dari Tim Dokter Kepresidenan untuk melakukan penyuntikan vaksin buatan perubahan asal China, Sinovac.

“Kalau Wapres menunggu [kajian] dari Tim Kedokteran Kepresidenan,” kata Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi¬† seperti yang dilansir darii CNNIndonesia.com.

Langkah vaksinasi terhadap warga lansia ini dilakukan setelah terbitnya izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terhadap vaksin Sinovac untuk masyarakat usia di atas 60 tahun.

Masduki menegaskan bahwa Wapres sudah siap untuk disuntik vaksin corona kapan saja. Meski demikian, proses vaksinasi tersebut harus terlebih dulu mendapatkan rekomendasi dari Tim Dokter Kepresidenan.

Menurut Masduki, saat ini Tim Dokter Kepresidenan sudah berproses melakukan kajian vaksin mana yang cocok untuk Wapres. Pemerintah juga memiliki rencana akan mendatangkan vaksin varian lain selain buatan Sinovac ke Indonesia.

“Berbagai vaksin yang datang ke Indonesia kan pertama kan Sinovac. Kedua Sinovac yang seperti di Turki yang bisa untuk umur lebih dari 60 tahun. Ketiga Sinopharm. Itu lagi dikaji oleh tim dokter kepresidenan yang cocok untuk Wapres yang seperti apa,” kata Masduki.

Sebagai informai, keputusan itu diambil usai BPOM memastikan keamanan dan efektivitas vaksin asal Sinovac terhadap lansia. Menggunakan data uji klinis fase I, II, dan III dari China dan Brasil menunjukkan bahwa vaksin efektif memunculkan antibodi terhadap Covid-19. Dan Vaksinasi tersebut masih akan diprioritaskan kepada tenaga kesehatan (nakes) yang berusia lansia.

Sumber: CNNIndonesia.com

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x