Maroko Lolos ke 16 Besar, Usai Taklukkan Kanada 2-1

Euforia pemain Maroko usai memastikan diri melaju ke babak 16 besar/foto : ist

BICARAINDONESIA-Doha : Maroko menjadi tim lanjutan yang berhasil merebut tiket 16 besar, setelah  mengalahkan Kanada 2-1 dalam laga terakhir Grup F Piala Dunia 2022.

Dalam laga yang digelar di Al Thumama Stadium, Kamis malam (1/12), Maroko unggul cepat lewat gol Hakim Ziyech di menit ke-4. Youssef En-Nesyri kemudian menggandakan keunggulan di menit ke-23.

Kanada sempat memperkecil skor lewat gol bunuh diri Nayef Aguerd di menit ke-40, namun tak ada gol tambahan dari Alphonso Davies dkkk. Skor 2-1 untuk Maroko bertahan hingga usai.

Skuad asuhan Walid Regragui finis sebagai juara Grup F dengan tujuh poin. Sedangkan Kanada harus angkat koper dengan status juru kunci dan tanpa poin usai menelan kekalahan di tiga laga.

Jalannya pertandingan

Dilansir detikcom, Maroko langsung unggul cepat di menit ke-4. Kiper Kanada, Milan Borjan melakukan blunder saat keluar dari sarangnya dan memberi umpan pendek yang justru justru mengarah ke Hakim Ziyech.

Winger Chelsea itu dengan mudah melepaskan tembakan terukur ke gawang Kanada yang sudah kosong melompong ditinggalkan Borjan. Maroko memimpin 1-0.

Kanada berupaya menyamakan kedudukan di menit ke-15. Lewat sebuah serangan balik, Cyle Larin melepaskan crossing tajam ke depan gawang Maroko. Tajon Buchanan ada di sana, namun gagal menerjang bola dengan sempurna, sehingga tembakannya melebar.

Alih-alih menyamakan kedudukan, Kanada justru kembali kebobolan pada menit ke-23. Achraf Hakimi melepaskan long ball dari wilayah pertahanan sendiri, mengarah ke Youssef En-Nesyri yang berlari menuju kotak penalti lawan.

Meski dikawal dua pemain Kanada, En-Nesyri berhasil mengontrol bola lalu melepaskan tembakan keras ke sudut kanan bawah gawang tanpa bisa dihalau oleh Borjan. Skor menjadi 2-0 untuk Maroko.

Meski sudah tak punya harapan lolos, Kanada tak mau kalah begitu saja. Upaya Les Rouges mencetak gol akhirnya berbuah hasil di menit ke-40.

Bek Maroko, Nayef Aguerd berupaya memotong umpan silang yang datang dari sisi kanan, namun berbelok ke arah gawang. Kiper Maroko, Yassine Bounou sudah berupaya menahan, tetapi bola tetap masuk. Skor 2-1 untuk Maroko bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Kanada lebih dominan dalam penguasaan bola. Sekali lagi, mereka ingin menutup perjalanan di Piala Dunia 2022 dengan rasa bangga.

Alphonso Davies berupaya menyamakan kedudukan di menit ke-58,namun tembakan kaki kirinya dari dalam kotak penalti belum tepat sasaran. Lewat situasi sepak pojok di menit ke-71, Kanada membuang dua peluang emas.

Sundulan Atiba Hutchinson membentur tiang gawang dan membentur tanah, namun belum melewati garis gol. Bola pantulan disambar oleh Alistair Johnston, tetapi sundulannya melambung tipis di atas gawang. Bounou marah-marah melihat lengahnya barisan belakang Maroko.

Dengan keunggulan satu gol, Maroko bermain lebih dalam di babak kedua. Strategi bertahan sambil sesekali menyerang balik tampak menjadi jalan yang ditempuh di sisa waktu.

Kanada mengejar gol kedua di sisa waktu, bahkan Borjan keluar dari sarangnya dan maju saat situasi bola mati di injury time, namun Maroko berhasil menjaga keunggulan 2-1 hingga akhir.

Susunan pemain

Kanada: Borjan; Johnston, Steven Vitoria, Miller; Adekugbe (Hutchinson 60′), Osorio (Laryea 65′), Kaye (Kone 60′), Davies; Buchanan, Larin (Jonathan David 60′), Hoilett (Wotherspoon 76′)

Maroko: Bounou; Hakimi (Jabrane 85′), Aguerd, Saiss, Mazraoui; Ounahi (El Yamiq 77′), Amrabat, Sabiri (Aboukhlal 65′); Ziyech (Hamdallah 76′), En-Nesyri, Boufal (Amallah 65′)

About Post Author

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!