x

Menepis Informasi Hoaks, Bawaslu Labuhanbatu Gandeng Wartawan

2 minutes reading
Friday, 17 Jul 2020 12:46 0 155 rizaldyk

BICARAINDONESIA-Labuhanbatu : Peran serta wartawan dalam bertugas akan dapat menciptakan Pilkada bersih dan kondusif. Sebab, publikasi oleh media dianggap akan mampu menepis berbagai berita hoaks sekaitan pelaksanaan tugas oleh penyelenggara.

Terkait itu, guna menciptakan kondusifitas dan berlangsungnya pengawasan tahapan pelaksanaan, Bawaslu Labuhanbatu menggandeng media cetak dan elektronik untuk bekerjasama mengemas kegiatan sosialisasi pengawasan yang digelar, Jumat (17/7/2020) di Rantauprapat.

Ketua Bawaslu Labuhanbatu, Makmur, menyebutkan, peran jurnalis dan pegiat media sosial sebagai penepis informasi hoaks dan isu sara bisa menciptakan suasana kondusif pada Pilkada Labuhanbatu yang akan datang.

“Kami sangat berharap, bahwa tidak ada lagi, pegiat media sosial menyampaikan berita hoax, ujaran kebencian yang memancing situasi yang tidak kondusif,” kata Makmur.

Ditambahkannya, bahwa kebersamaan Bawaslu dengan insan pers juga selayaknya lebih efektif, untuk menghasilkan pemilu yang sportif dan aktif.

Apalagi di masa pandemi ini, peluang money politik sangat besar. Pasalnya, saat normal saja tidak menutup kemungkinan adanya money politik yang dipengaruhi faktor kebutuhan.

Sementara itu, nara sumber yang merupakan dosen di Universitas Sumatera Utara (USU), Faisal Andri Mahrawa menjelaskan, jurnalis merupakan stakeholder di Pemilu dengan dasar peran pentingnya dalam pengawasan yang sangat melekat dengan fungsi Bawaslu.

“Jurnalis sebagai stakeholder, peran media sangat besar dan penting, Bawaslu harus dekat dengan kawan media, harus diajak aktif agar pemilu bisa diawasi bersama,” kata Faisal saat memberikan materi di acara sosialisasi tersebut.

Penulis : Aji S Harahap
Editor : Abdi

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x