x

Mulai Hari Ini, Paslon KDh-WKDh di Pilkada Se-Sumut Jalani Tes Kesehatan

3 minutes reading
Wednesday, 9 Sep 2020 04:58 0 152 rizaldyk

BICARAINDONESIA-Medan : Bakal pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah di Pilkada 2020 se-Sumatera Utara (Sumut), mulai hari ini akan menjalani tes kesehatan di RSUP H. Adam Malik Medan.

Hasil pantauan di RSUP H. Adam Malik Medan, Rabu (9/9/2020), tampak para bakal paslon dari sejumlah daerah berdatangan sejak pukul 07.30 WIB. Kemudian mereka dibawa masuk ke ruangan, guna mengganti pakaian dengan yang telah disediakan.

“Bicara tentang kegiatan pelaksanaan kesehatan hari ini rangkaian kesehatannya adalah kegiatan pemeriksaan klinis dan pemeriksaan anti narkoba,” kata ketua tim pemeriksaan, dr Edy Ardiansyah, kepada wartawan.

Edy mengatakan bahwa, kegiatan tersebut akan dilaksanakan terhadap bakal paslon dari 23 kabupaten/kota di Sumut. Namun kegiatan ini dibagi dalam tiga hari dengan estimasi waktu pemeriksaan selama 8 jam. Ada sekitar 42 orang bakal paslon yang mengikuti pemeriksaan hari ini.

“Kegiatan ini akan dilaksanakan terhadap 23 daerah kabupaten/kota. Tetapi yang hadir pada saat ini dibagi tiga, diantaranya hari ini ada 42 orang paslon yang terdiri dari beberapa kabupaten/kota. Nah, dengan demikian, pelaksanaan ini berlangsung sekitar 8 jam, meliputi pemeriksaan fisik, psikiater, serta pemeriksaan anti narkoba,” ujar Edy.

Selain itu, Edy menyebutkan pemeriksaan ini berkaitan dengan kegiatan fisik. Nantinya hasil pemeriksaan bakal disampaikan ke KPU. “Nah, ini akan disampaikan kepada KPU bahwa kemampuan fisik dan kemampuan psikiater dan anti narkobanya itu mendukung untuk menjadi pimpinan suatu daerah,” ujar Edy.

“Besok, ada lebih-kurang 48 paslon terdiri atas beberapa kabupaten/kota dan selanjutnya hari ketiga itu ada sekitar 20 orang,” sebut Edy.

Daerah yang bakal paslonnya mengikuti tes kesehatan hari ini adalah Medan, Binjai, Tanjungbalai, Nias Selatan, Samosir, Madina, Karo, Tapanuli Selatan, dan Asahan.

Dan terpantau, pasangan calon Walikota dan wakil Walikota Medan, Akhyar Nasution dan Salman Alfarizi hadir di RSUP H Adam Malik terlebih dahulu dari pasangan Bobby Nasution-Aulia Rahman.

Sehari sebelumnya, tepatnya Selasa (8/9), 110 orang bakal calon kepala daerah di pilkada se-Sumut telah mengikuti tes psikologi. Dan calon-calon yang dinyatakan positif covid-19 akan mengikuti tes susulan.

“Mestinya tidak hanya 110, karena banyak yang positif covid-19, maka tidak diperkenankan ikut. Nanti kalau sekiranya setelah isolasi mandiri, diperiksa lagi dan ternyata sudah negatif, maka kita sertakan di tes kesehatan rohani berikutnya,” kata ketua Himpunan Psikologi Indonesia Sumut, Ilmiah, di Medan.

Calon kepala daerah yang hadir ini berasal dari 19 daerah yang melakukan pilkada di Sumut. Sedangkan empat daerah lainnya belum mengikuti tes karena hanya ada satu pasangan calon yang mendaftar di KPU.

“Empat daerah lainnya itu hanya satu paslon yang mendaftar. Karena hanya satu paslon yang mendaftar, menurut keputusan KPU tidak boleh dilakukan tes sampai dilakukan dulu tahapan oleh KPU, misalkan disosialisasikan dulu, jika tidak ada yang mendaftar baru dilakukan tes,” ucapnya.

Penulis : */Yuli
Editor : Amri

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x