x

PLN UIP Sumbagut Energize GI dan SUTT 150 kV Rantauprapat-Labuhanbilik

2 minutes reading
Wednesday, 26 Aug 2020 05:04 0 154 admin

BICARAINDONESIA-Labuhanbatu : Masih dalam suasana semangat perayaan Hari Kemerdekaan RI Ke-75, pada tanggal 23 Agustus 2020 sekitar pukul 17.20 WIB lalu, PLN UIP Sumbagut telah berhasil memasukkan tegangan listrik (Energize) pada proyek Transmisi 150 kV Rantauprapat-Labuhanbilik Line 1 dan Line 2, GI 150 kV Labuhanbilik (1×60 MVA) , GI 150 kV Rantauprapat (2 Line) yang berlokasi di Kab. Labuhanbatu, Sumatera Utara

Manajer Proyek UPP Jaringan Sumut 2 sekaligus Direksi Pekerjaan Alfredo Pakpahan disela prosesi energize menjelaskan, ada 246 tower dibangun untuk jalur ini dan terbentang sepanjang 150,58 kilometer sirkuit (kms) dari Kec. Rantau Utara hingga Panai Hulu.

“Selain meningkatkan keandalan listrik di Kab. Labuhanbatu, pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan ini juga turut menurunkan losses jaringan serta penguatan kualitas listrik bagi konsumen di Kabupaten Labuhan Batu, provinsi Sumatera Utara yang mana sebelumnya mengandalkan listrik dari GI. Rantau Prapat yang terbilang jauh, sehingga menghasilkan energi listrik yang kurang maksimal,” urai Alfredo.

Terpisah, General Manager PLN UIP Sumbagut Octavianus Padudung menjelaskan, dengan beroperasinya Gardu Induk 150kV Labuhan bilik berkapasitas 1×60 MVA ini dapat menonaktifkan PLTD Labuhanbilik yang selama ini beroperasi, dan tentunya akan menghemat biaya operasional PLN.

“Proyek kelistrikan yang terletak dipaling ujung propinsi Sumatera Utara ini adalah yang paling dinantikan oleh sejumlah pabrikan kelapa sawit yang sangat membutuhkan energi listrik yang besar dan juga pelanggan rumah tangga yang belum menikmati kualitas listrik yang baik,” sebutnya kepada wartawan, Rabu (26/8/2020).

Ia juga menjelaskan, PT PLN (Persero) bersama PT Surveyor Indonesia selaku konsultan supervisi dan PT Sapta Guna Utama (SGU) selaku pelaksana proyek, bersinergi dengan UPP Jaringan Sumut 2 Padangsidimpuan dalam penyelesaian proyek ketenagalistrikan ini. Juga tentunya tidak lepas dari peran serta dan kontribusi aktif dari pemerintah kabupaten Labuhan Batu beserta forkopimda nya.

“Untuk itu manajemen PT PLN (Persero) UIP Sumbagut mengucapkan terima kasih untuk segala support dan dukungan yang telah diberikan juga dari stakeholder dan masyarakat,” ungkap Padudung.

Pada tahun 2020 ini juga, dilokasi yang berjarak 3 jam dari Kabupaten Labuhanbatu, UPP Jarsum 2 Padangsidimpuan akan segera berupaya menyelesaikan GI. dan Transmisi 150 kV Tanjungbalai-Kisaran di Kota Tanjungbalai.

Penulis/Editor : Yudis

 

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x