x

Prof Erlina Dilantik Sebagai Ketua IAI Wilayah Sumatera Utara

5 minutes reading
Saturday, 6 Jun 2020 14:49 0 580 rizaldyk

BICARAINDONESIA-Medan : Prof. Mardiasmo sebagai ketua Dewan Pengurus Nasional (DPN) Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) didampingi dua orang anggota DPN yang menjadi pembina IAI Wilayah Sumatera, David ES. Sidjabat, SE, MBA, CA dan Prof. Dr. PM John Liberty Hutagaol, melantik kepengurusan IAI Wilayah Sumatera Utara.

Pelantikan dilaksanakan pada tanggal 5 Juni 2020 jam 09.00 WIB secara daring, selain dihadiri Dewan Pengurus Nasional (DPN), Penasehat, dan Pengurus Baru, Pelantikan ini juga dihadiri tujuh Pengurus Wilayah lainnya.

Prof Mo, sapaan akrab Mantan Wakil Menteri Keuangan tersebut menyampaikan berbagai hal. “Saya memberikan apreasiasi pada pengurus yang telah mulai bekerja bahkan sebelum dilantik dengan menyelenggarakan seminar online dengan topik yang sangat relevan saat ini yaitu refocusing anggaran,” ujarnya.

Prof Mo berharap IAI Wilayah Sumatera Utara tetap dapat menjadi lesson learned terkait koordinasi dengan Dewan Pengurus Nasional.

Sejalan dengan arahan tersebut, Prof. Erlina, SE, MSi, PhD, Ak, CA, CMA, CPA, guru besar serta ketua program studi pascasarjana akuntansi Universitas Sumatera Utara (USU) yang akan menjalankan tugas sebagai Ketua IAI Sumut menyampaikan telah menyusun program kerja berdasarkan program kerja nasional yang bertajuk Prakarsa 6.1. sebagaimana arahan Ketua DPN.

Dewan penasehat yang diwakili Prof. Dr. Azhar Maksum, MEc, Ac, Ak, CA, CMA mengharapkan komitmen dan motivasi yang ditunjukkan di awal kepengurusan ini dapat terus dipertahankan. Sementara itu, Dewan Penasehat IAI Sumut terdiri dari Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara, Kepala BPK Perwakilan I Sumatera Utara, Kepala Kantor Wilayah I DJP Sumatera Utara, Dekan Fakultas Ekonomi Universitas. Sumatera Utara, Prof. Dr. Azhar Maksum, MEc, Ac, Ak, CA, CMA, Dr. Erwin Abubakar, MBA, Ak, CPA, CA, Drs. Syamsul Bahri TRB, MM, Ak, CPA, CA, dan Drs. Arifin Hamzah, MM, Ak, CA.

Kepengurusan IAI Sumut berasal dari berbagai bidang seperti perguruan tinggi, pemerintahan daerah, BPK, BPKP, perbankan, BUMN, BUMD, dan perusahaan swasta.

Di jajaran wakil ketua terdiri dari Dr. Narumondang Bulan Siregar MM, Ak, CA, Anthur Pasaribu, MM, Ak, CA, dan Drs. Razuar Yahya, Ak, CPA, CA, sekretaris wilayah terdiri dari Dr. Chandra Situmeang, SE, MSM, MPd, Ak, CA, CPA, Dra. Maryam Harman, MSi, Ak, CA dan Sry Any Sembiring, SE, MM, Ak, CA serta bendahara dijabat oleh Rahima Br. Purba, SE, MSi, Ak, CA.

Kepengurusan ini akan terdiri dari sembilan bidang. Koordinator bidang organisasi dan keaanggotaan adalah Keulana Erwin PhD, Ak, CA yang akan dibantu Yunita Sari Rioni, SE, MSi, Ak, CA dan H. Maf’ul Taufiq, SE, MSi, Ak, CA.

Bidang Pengembangan Kompetensi dan Profesionalisme akan dipimpin oleh Abdillah Arif Nasution, SE, MSi, Ak, CA dengan anggota Drs. Zainul Bahri Torong, MSi, Ak, CA, Dr. Widia Astuty, SE, MSi, Ak, CA, QIA, CPA, Muhammad Ridha Habibi Z, SE, MSi, Ak, CA, Arie Pratania Putri, SE, MSi, Ak, CA dan Hendra Agustinus Marbun, SE, MSi, Ak, CA.

Bidang Humas dan Kerjasama antar Lembaga akan dipimpin oleh Fahmi Natigor Nasution, SE, MAcc, Ak, CA, CMA. Dengan anggota Muhammad Ihsan Rangkuti, SE, MSi, Ak, CA, QIA, Yulisfan, SE, MSi, Ak, CA, Dr. Renny Maisyarah, SE, MSi, Ak, CA, Budi Anshari Nasution, SE, MSi, Ak, CA, CMA, Ade Isyana Hairunnisah, SE, Ak, MAk, CA.

Bidang Penelitian, Pengembangan, dan Pengabdian Masyarakat dikoordinir oleh Dr. Iskandar Muda, SE, MSi, Ak, CA, CSP, CPA dengan anggota Dr. Rina Br. Bukit, SE, MSi, Ak, CA, Dr. Khaira Amalia Fachrudin, SE, Ak, MBA, CA, MAPPI (Cert), Dra. Sri Mulyani, MBA, Ak, CA, Drs. Hasan Sakti Siregar, MSi, Ak, CA, Rasdianto, SE, MSi, Ak, CA, dan OK Sofyan Hidayat, SE, MSi, Ak, CA.

Koordinator Bidang Akuntan Pendidik adalah Dr. Deliana, SE, Ak, MSi, CA dengan dibantu anggota Dra. Naleni Indra, MM, Ak, CA, Dr. Eka Nurmala Sari , SE, Ak, MSi, CA, Selfi Afriani Gultom, SE, Ak, MSi, CA, Bonifasius Tambunan, SE, MSi, Ak, CA, dan Melanthon Rumapea, SE, MSi, Ak, CA.

Bidang Akuntan Sektor Publik dipimpin oleh Dr. Idhar Yahya, SE, MBA, Ak, CA, CSRA dengan anggota Evenri Sihombing, SE, MSi, Ak, CA, CFE, CFrA, Dr. Eriadi, SE, MSi, Ak, CA, CMA, CBA, Markos Purba, Ak, MSi, CA.

Bidang Akuntan Perpajakan alan dipimpin oleh Dr Wagimin Hoesly Sendjaja, MBA, MAcc, QIA, CMA, CTA, CFE, CPA, BKP, CTL, CA dengan anggota Syamsul Bahri Arifin, SE, MM, Ak, CA, BKP, Abikusno Dharsuky, MM, Ak, CA.

Bidang Akuntan Kantor Jasa Akuntan akan dikoordinir oleh Fatkhur Rokhman, SE, MM, Ak, CA, CIFE engan anggota Drs. Ramli Puteh, Ak, CA, Harun Ongah, SE, Ak, CA, MM, dan Asen Susanto, SE, MSi, Ak, CA, CPA.

Sementara Bidang Akuntan Syariah akan dikoordinir oleh Dr. Saparuddin Siregar, SE, Ak, MA, SAS, CA dengan anggota Enda Mora Siregar, SE, Ak, Msi, CA.

Dalam menjalankan fungsi operasional, sekretariat IAI yang berada di Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Sumatera Utara akan dijalankan oleh Shafira Namira, SE.

Dalam sambutannya, Prof Erlina menyampaikan bahwa seluruh program kerja akan diarahkan untuk melakukan penguatan peran profesi akuntansi dalam peningkatan daya saing bangsa.

Salah satu rencana yang akan segera dilaksanakan adalah meningkatkan jumlah Chartered Accountant (CA) seiring dengan masuknya Rancangan Undang-Undang (RUU) Pelaporan Keuangan ke DPR. IAI Sumut juga akan berusaha meningkatkan kesiapan para calon akuntan untuk disertifikasi CA serta berusaha melaksanakan ujian yang lebih mudah diakses.

Masih menurut penuturan Prof Erlina, IAI Sumut juga akan segera menjalin kemitraan yang luas dengan semua pihak yang diawali dengan melakukan roadshow kepada semua pihak terkait. Dalam jangka pendek IAI Sumut akan bekerjasama dengan pemerintahan daerah untuk meningkatkan efektifitas penggunaan anggaran dalam penanggulangan pandemi Covid 19.

Selain hal tersebut, kemitraan bertujuan untuk membantu pemerintah mengimplementasikan kebijakan Kampus Merdeka yang harus mengintegrasikan pendidikan akuntansi dengan dunia industri.

Penulis / Editor : Amri

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x