x

Respon Pernyataan Formapera, Poldasu Akhirnya Perbaiki Rumah Warga di Sei Rotan yang Terkena Peluru Nyasar

3 minutes reading
Thursday, 10 Sep 2020 15:24 0 88 admin

BICARAINDONESIA-Percut Seituan : Setelah kasus peluru nyasar yang merusak kaca jendela rumah pasutri Darman Harahap dan Ermawati Dasopang di Jl. Sidomulyo, Gang Keluarga, Dusun VII, Desa Sei Rotan, Kec. Percut Seituan, Kab. Deliserdang viral di media massa dan media sosial, jajaran Polda Sumatera Utara akhirnya menunjukkan komitmennya sebagai aparat pelindung dan pengayom masyarakat.

Menanggapi keluhan korban yang disampaikan lewat DPD Forum Masyarakat Pemantau Negara (Formapera) Deliserdang, Kapoldasu Irjen Martuni Sormin, Kamis (10/9/2020), langsung menurunkan timnya ke lapangan untuk menuntaskan permasalahan tersebut.

Di bawah pimpinan Kapolsek Percut Seituan AKP Ricky Pripurna Atmaja, SIK, tampak hadir dalam pertemuan itu Panit 1 Intelkan Polsek Percut Seituan Ipda Sahrul, Kanitreskrim Polres Pelabuhan Belawan Ipda Erik Siahaan, Kades Sei Rotan Suwandi MS, Ermawati Dasopang, warga yang jendela rumahnya terkena peluru nyasar serta Musiyem, warga yang pagar dan sumurnya rusak.

“Inti dari kunjungan ini adalah untuk klarifikasi kejadian saat penangkapan tersangka begal pada senin malam lalu,” ungkap Kades Sei Rotan Suwandi dalam pertemuan tersebut. katanya pada awak media.

Kapolsek Percut Seituan AKP Ricky Pripurna Atmaja berfoto bersama warga yang kediamannya terkena peluru nyasar/foto : ist

Ia juga menjelaskan bahwa segala kerusakan dan kerugian yang disebabkan atas penangkapan tersebut, ditanggung oleh Polsek Belawan selaku pihak yang melakukan pengembangan kasus begal di wilayah hukum Polsek Percut Seituan.

“Dan Pemdes sudah memediasi permasalahan tersebut dengan cara kekeluargaan oleh pihak ibu Hermawati Dasopang,” tuturnya.

Atas kebijakan Kapoldasu itu, Hermawati Dasopang mengucapkan terima kasih kepada pihak Formapera yang telah membantu menjembatani dan juga kepada pihak kepolisian atas respon yang telah mengganti kerugiannya.

“Terkhusus kepada Bapak Kapoldasu yang peduli untuk memperbaiki kerusakan rumah saya dari kejadian penangkapan kemarin,” ucapnya

Menyikapi respon pihak kepolisian untuk meninjau langsung dan memperbaikan bagian rumah warga yang rusak akibat peluru nyasar, Ketua DPD Formapera Deliserdang Muslim Susanto sangat mengapresiasi atas apa yg telah dilakukan pihak kepolisian.

“Dan pastinya kami dari Formapera siap mendukung dan bersenergi dengan pihak kepolisian baik dalam program Kambtibmas maupun dalam bentuk kegiatan lainnya,” tandas Muslim.

Tangkap Pelaku Begal

Sementara Kapolsek Percut Seituan AKP Ricky Pripurna Atmaja, SIK menjelaskan, kronologis dari kejadian itu saat dilakukan penangkapan, tersangka melarikan diri dan dilakukan pengejaran dan penembakan sebanyak 2 kali.

“Atas kejadian penembakan tersebut peluru menyasar ke rumah salah satu warga hingga berlubang dan tersangka kemudian dapat diamankan dirumah warga Bu Saniyem dan kemudian diamankan ke Polres Pelabuhan Belawan,” terangnya.

Akibat dari kejadian penangkapan tersangka hingga dilakukan penembakan, menyebabkan rumah warga mengalami kerusakan sehingga viral yang diberitakan oleh LSM Formapera atas nama Muslim Susanto yang beralamat di Dusun VIII, Desa Sei Rotan.

Atas adanya berita yang viral tentang penangkapan dan penembakan peluru nyasar ke rumah warga tersebut kemudian Kapolsek Percut Seituan melakukan cek TKP bersama Kades Sei Rotan dan Panit Reskrim.

“Kemudian melakukan pertemuan dan mediasi yang mana ada kesepakatan dan membuat suatu surat pernyataan untuk diberikan ganti rugi kepada warga yang rumahnya terkena peluru nyasar dan rusak akibat dari Penangkapan atau penggrebekan oleh Tim Reskrim Polres Pelabuhan Belawan dan pernyataan tersebut dibuat dan ditandatangani Kantor Desa Sei¬† Rotan,” jelasnya.

Pada pukul 11.30 WIB, kegiatan cek TKP dan kesepakatan ganti rugi tentang adanya berita viral di media sosial masalah penangkapan dan penembakan peluru nyasar ke rumah warga Sei Rotan telah selesai dilaksanakan situasi aman terkendali.

Penulis : Feri Af
Editor : Yudis

 

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x