x

Rusia Kuasai Reaktor Nuklir Chernobyl Ukraina Utara

2 minutes reading
Friday, 25 Feb 2022 02:52 0 173 Ika Lubis

BICARAINDONESIA-Jakarta : Fasilitas nuklir Chernobyl di Ukraina Utara, salah satu tempat terjadinya bencana nuklir paling parah di dunia telah dikuasi pasukan Rusia.

Mengutip dari CNN, pasukan militer Rusia menduduki situs nuklir tersebut pada hari pertama invasi, demikian keterangan Agensi Manajemen Zona Eksklusi yang merupakan lembaga resmi pemerintah Ukraina.

“Ketika saya masuk kantor pagi hari ini (di Kiev), ternyata manajemen (reaktor nuklir Chernobyl) telah pergi. Jadi tidak ada yang memberikan instruksi,” kata Yevgeniya Kuznetsovа, juru bicara badan tersebut, Jumat (25/2/2022).

Sebelumnya, presiden Volodymyr Zelensky pada Kamis (24/2) pagi, juga telah memperingatkan bahwa pasukan Rusia akan coba mengendalikan reaktor nuklir.

“Pendudukan militer Rusia akan berupaya mengambil alih Chernobyl. Pasukan keamanan kami mengorbankan nyawa agar tragedi 1986 tidak akan terulang,” kata Zelensky.

“Ini adalah deklarasi perang terhadap seluruh Eropa,” sambungnya.

Menteri Luar Negeri Ukraina juga menyatakan hal serupa, bahwa tidak boleh terulang bencana yang sama.

“Pada 1986, dunia melihat bencana teknologi paling besar di Chernobyl. Jika Rusia meneruskan perang ini, Chernobyl bisa terjadi lagi di 2022,” ungkapnya.

Sebagi informasi, bencana Chernobyl terjadi pada 26 April 1986 ketika terjadi ledakan yang menghancurkan reaktor nomor empat di sana, menewaskan lebih dari 30 orang.

Bertahun-tahun setelahnya, masyarakat juga tewas karena radiasi sehingga pemerintah Ukraina mengevakuasi 135 ribu orang dari area tersebut.

Pemerintah juga menetapkan Zona Eksklusi denganr radius 30 km dari bekas reaktor.

Sarkofagus pelindung telah dipasang untuk menutup reaktor nomor empat agar radiasi tidak meluas, tapi saat ini kondisi pelindung memburuk sehingga terjadi kebocoran.

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x