x

Sebuah Benda Mencurigakan Dikirim ke Pengadilan Jepang, Hakim Tunda Sidang Pembunuhan Shinzo Abe

1 minutes reading
Monday, 12 Jun 2023 14:40 0 196 Iki

BICARAINDONESIA-Tokyo : Terdapat sebuah benda mencurigakan yang dikirim ke pengadilan, tempat berlangsungnya sidang pembunuhan mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe. Akibatnya, sidang praperadilan untuk terdakwa kasus tersebut ditunda.

AFP, Senin (12/6/2023), melansir bahwa laporan televisi terkemuka Jepang (NHK dan media lokal lainnya) menyebut, Pengadilan Distrik Nara dievakuasi setelah sebuah ‘tas tidak teridentifikasi’ yang mencurigakan tiba di kompleks pengadilan. Pihak pengadilan Nara belum bisa mengonfirmasi laporan media itu.

Terdakwa yang bernama Tetsuya Yamagami dijadwalkan hadir dalam sidang pada Senin (12/6/2023) sore waktu setempat dalam rangka sidang pra-peradilan atas pembunuhan Abe yang mengejutkan dunia pada Juli 2022 lalu.

Pria berusia 42 tahun itu didakwa atas pembunuhan dan pelanggaran undang-undang pengendalian senjata. Atas pelanggaran hukum itu, Yamagami terancam hukuman mati.

Dalam serangan mematikan tahun lalu, Yamagami menargetkan Abe karena keterkaitan mantan PM Jepang itu dengan Gereja Unifikasi, sekte keagamaan global yang awalnya berdiri di Korea Selatan (Korsel).

Yamagami diyakini membenci Gereja Unifikasi karena sumbangan besar yang diberikan ibundanya terhadap gereja itu telah membuat keluarganya bangkrut.

Abe yang merupakan politisi paling terkenal di Jepang dan PM terlama di negara itu, ditembak dengan senjata rakitan oleh Yamagami saat dia sedang berpidato dalam kampanye pada 8 Juli 2022 lalu.

Editor: Rizki Audina/*

LAINNYA
x