Sekolah Penggerak SDN 105855 PTPN2 Tanjungmorawa Gelar Pameran Pentas Seni dan Literasi 

Berbagai karya seni buah karya siswa SDN 105855 PTPN2 Tanjungmorawa hasil daur ulang yang dipamerkan/foto : bud

BICARAINDONESIA-Tanjungmorawa : Untuk memberi pemahaman kepada khalayak umum, khususnya orang tua siswa serta masyarakat di sekitar sekolah akan pentingnya pendidikan untuk anak-anak kita di masa depan, SD Negeri 105855 PTPN2 Tanjungmorawa sebagai sekolah penggerak, terus mensosialisasikan berbagai kegiatan yang ada di sekolah tersebut.

Menunjukkan hasil karya siswa selama dalam program pembelajaran sekolah penggerak dengan menampilkan seni dan literasi untuk mewujudkan profil pelajaran pancasila salah satunya.

Hal itu terlihat dalam kegiatan yang digelar di sekolah yang terletak di kawasan Jalan Sultan Serdang, Desa Buntubedimbar, Sabtu (18/06/2022).

Meski hanya menghadirkan panggung sederhana serta memanfaat kan halaman sekolah yang seadanya, namun hal itu tak mengurangi antusias orang tua murid dalam mengikutin acara demi acara yang di gelar mulai pagi pukul 09.00 WIB hingga selesai.

Suryani, S.Pd, M.Pd selaku Kepala SDN 105855 PTPN2 Tanjungmorawa mengaku sangat bersyukur acara tersebut disambut sangat antusias.

“Allhamdulilah kegiatan ini berjalan lancar dan sesuai rencana, kegiatan pameran hasil karya siswa hasil belajar siswa pentas seni dan literasi ini merupakan program sekolah penggerak yang menumbuh kembangkan bakat dan minat siswa sebagai implementasi dari konsep merdeka belajar dalam kurikulum merdeka yang memujudkan profil pelajar pancasila,” ucapnyam

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terutama para siswa bapak ibu guru dan orang tua beserta pelatih ahli sekolah penggerak dari Kementerian Irfandi S.pd Mpd dari Unimed, yang mendukung kegiatan tersebut.

“Tak lupa pula kamua ucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Deliserdang dalam hal ini di wakili Kabid Pembinaan sekolah dasar Bapak Syamsuri sinaga, Mpd, serta komite sekolah,” ujarnya.

Para siswa SDN 105855 PTPN2 Tanjungmorawa menunjukkan kebisaannya dalam kegiatan pentas seni/foto : bud

Untuk kedepannya, Suryani juga berjanji kegiatan akan terus di lanjutkan setiap akhir semester. “Dan rencananya akan dibuat lebih beragam hasil-hasil karya siswa menjadi berkualitas yang diharapkan dan akan mencari dukungan dari berbagai pihak untuk lebih memotifasi para siswa dalam kegiatan pembelajaran,” harapnya.

Sementara, kegiatan pentas seni dan literasi tersebut juga menampilkan dokumen kegiatan siswa dari Profil Pelajar Pancasila yang bertema kewirausahaan yaitu berupa proyek penanaman jahe dan pembuatan sabun cair cuci tangan.

Salah satu orang tua murid Henny Kusumawati mengaku sangat bangga terhadap siswa siswi SDN 105855 PTPN2 Tanjungmorawa yang memberikan hasil karyanya selama pembelajaran sekolah selama ini, sehingga bisa menjadi kebanggaan bagi orang tua itu sendiri dalam kemandirian, imajinasi, keterampilan serta keberanian dalam upaya anak-anak menjadi lebih baik lagi kedepan nya.

Pantauan di lapangan, kegiatan tersebut di awali dengan pentas seni di lakukan siswa siswi sekolah berupa tarian daerah, pencak silat, lagu daerah serta fashion show. Sedangkan literasi nya disampaikan melalui baca puisi oleh siswa kelas VC Ahdan alawi dinata.

Selain itu siswa siswi juga memberikan keterampilan dari barang-barang bekas yang bisa dipergunakan untuk bisa di manfaatkan menjadikan barang yang berguna nanti nya. Salahsatu nya kardus bekas bisa di buat jadi mobil-mobilan, tempat tisue, stik es bisa juga di jadikan rumah-rumahan serta banyak lagi karya keterampilan yang bisa dibuat.

Diharapkan, kedepannya siswa siswi nantinya bisa mewujudkan cita-citanya sesuai keinginannya.

Penulis : Budi
Editor : Teuku

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *