x

Siagakan 2.929 Personel, PLN UIW Sumut Siap Jaga Keandalan Listrik Jelang Nataru

2 minutes reading
Tuesday, 22 Dec 2020 10:09 0 144 admin

BICARAINDONESIA-Medan : Untuk memberi kenyamanan dalam menghadapi Natal dan Tahun Baru (Nataru) Tahun 2020/2021,nPT PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara (UIW Sumut), menyiapkan sejumlah langkah strategis untuk tetap menjadi sistem kelistrikan.

Selain membangun 237 posko yang tersebar di seluruh wilayah Sumut, PLN UIW Sumut juga menyiagakan 2.929 personel dan 48 Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB).

General Manager PLN UIW Sumut, M Irwansyah Putra menegaskan, beragam persiapan telah disiagakan dalam menyambut Nataru. Ini dilakukan agar keandalan listrik saat perayaan Natal dan Tahun Baru tetap terjaga.

“Saat ini memasuki masa siaga, PLN UIW Sumut tidak lagi melakukan kegiatan¬† pemeliharaan listrik yang menyebabkan pemadaman kecuali ada gangguan. Semoga dengan kesiagaan PLN, masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan khidmat dan terlaksana dengan baik,” terangnya lewat penjelasan secara virtual, Selasa (22/12/2020).

Irwansyah merinci, selain personel, posko dan PDKB, pihaknya juga menyiapkan genset mobile 71 unit, per unit 4,794 Kilo Volt Ampere (kVA), 7 unit Uninterrupted Power Supply (UPS) per unit 320 kVA dan 57 unit gardu bergerak, yang siap mengantisipasi keluhan pelanggan.

Selain itu, PLN juga menyiapkan padokan listrik di bandara dengan 14 penyulang. Rinciannya, Bandara Kualanamu 6 penyulang, Bandara Aek Goyang 2 penyulang, Bandara Pinangsori 2 penyulang, Bandara Silangit 2 penyulang, Bandara Sibisa 1 penyulang dan Bandara Binaka Nias 1 penyulang.

“Saat ini pasokan listrik di wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) dengan daya mampu rata-rata sebesar 2.749 MW dengan beban puncak tertinggi 2.283 MW. Sedangkan beban puncak untuk Sumut tertinggi 1.811 MW dengan cadangan rata-rata 453 MW,” terangnya.

Manager Pengendalian Operasi Sistem Distribusi PLN UIW Sumut, Harryadi menambahkan, dalam satu bulan terakhir kondisi cuaca memang kurang bersahabat. Dengan persiapan posko, personel dan material di gudang logistik PLN diharapkan dapat menghadapi masalah kelistrikan saat bencana alam terjadi.

“Mudah-mudahan personel kita sudah siap menghadapinya terutama terkait langkah awal mengisolir dulu untuk pengamanan terhadap jiwa manusia jika terjadi bencana. Dan selanjutnya ke suplai listrik,” ujar Harryadi.

Dia menambahkan bahwa PLN juga telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk kesiapan jika terjadi banjir dan sebagainya.

“Seperti kejadian kemarin, bencana banjir di Medan, kami tetap berkoordinasi dengan Badan Penggulangan Bencana Daerah. Nanti jika terjadi bencana, mungkin paling cepat memutuskan aliran listriknya dulu. Tapi semoga Nataru ini aman-aman saja,” pungkasnya.

Penulis/Editor : Teuku

 

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x