x

Sinabung Lepaskan Kolom Abu Setinggi 1000 Meter

2 minutes reading
Friday, 23 Oct 2020 01:32 0 153 admin

BICARAINDONESIA-Karo : Gunung Api Sinabung di Kab. Karo, Sumatera Utara kembali menunjukkan geliatnya pada Jumat pagi (23/10/2020).

Hasil pantauan Pos Pengamatan Badan Vulkanologi dan Mitigasi Geologi (PVMBG), hal itu ditandai dengan fenomena yang kembali ditunjukkan gunung setinggi 2460 mdpl itu.

“Itu terlihat pada pukul 05.41 WIB tadi pagi, dengan terjadinya guguran lava sejauh 1500 meter mengarah ke tenggara-timur,” ungkap Armen Putra, Kepala Pos Pengamatan Gunung Sinabung.

Guguran yang masuk dalam kategori kegempaan itu juga, katanya, tercatat sudah terjadi 16 kali terhitung mulai pukul 00.00-06.00 WIB.

“Selain itu juga terjadi pelepasan kolom abu setinggi 1000 meter dengan angin mengarah ke barat-selatan,” sebutnya dalam keterangan tertulis.

Untuk itu, guna menghindari bahaya dari gunung berstatua Level III (siaga) itu, PVMBG telah memberlakukan sejumlah maklumat diantaranya.
1. Masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak G.Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.
2. Jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.
3. Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di G. Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar

Penulis/Editor : Yudis

 

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x