x

Teknologi Mengancam Anak, IWO Sumenep Gelar Seminar Pendidikan dan Launching Buku

2 minutes reading
Thursday, 14 Dec 2023 23:11 0 87 admin

BICARAINDONESIA-Sumenep : Berangkat dari kegelisahan terkait perkembangan teknologi yang sangat pesat, Pengurus Daerah Ikatan Wartawan Online (PD IWO) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar Seminar Pendidikan dan Launching Buku ‘Mendidik dengan Fitrah’.

Pantauan di lapangan, kegiatan yang dihadiri puluhan guru PAUD/TK se Kabupaten Sumenep itu, tampak berlangsung meriah.

Sekretaris IWO Sumenep Moh Horri dalam sambutanya menyampaikan, seminar ini merupakan kegiatan pertama yang menghadirkan para guru PAUD Se-Sumenep.

“Alhamdulillah, kegiatan ini merupakan karya kita perdana yang cukup berbeda, karena melibatkan para guru PAUD, dan ini mungkin akan berlanjut ke masa depan,” katanya, di Aula BAPPEDA Sumenep, Kamis (14/12/2023).

Dijelaskannya, kegiatan ini sebagai langkah untuk memperhatikan perkembangan teknologi yang semakin luar biasa, karena tantangannya yang juga semakin luar biasa.

“Maka munculah kegiatan ini, dan ini menjadi tugas untuk menyelamatkan generasi muda,” ujar ketua pelaksana kegiatan seminar pendidikan itu.

Lanjut dia, hampir sebagian besar generasi muda sudah kehilangan fitrah dalam mendidik, maka hal itu menjadi tugas bersama untuk memberikan pemahaman tentang literasi di era yang sudah serba digital.

“Jika kita tidak mampu menjadi guru yang baik, maka anak-anak kita seperti apa ke belakangnya. Kalau hal ini kita biarkan maka 10 tahun ke dapan generasi kita akan hancur. Maka penting, kehadiran para guru ini bisa mendidik anak-anaknya menajadi lebih fitrah,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Sumenep Achmad Fauzi, melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumenep, Ferdiansyah Tetrajaya, mengaku sangat mengapresiasi kepada IWO Sumenep dengan adanya Seminar Pendidikan dan Melaunching Buku yang beriudul ‘Mendidik dengan Fitrah.

Menurutya, dalam mendidik anak tidak hanya sekedar dibebankan kepada guru di sekolah, di lingkungan keluarga juga sangat mendukung dalam perkembangan anak.

“Orang tua berperan penting membentuk karakter dan kepribadian seorang anak, jika orang tua tidak mampu, maka hasilnya tidak maksimal, karena pendidikan sifatnya hanya membantu para orang tua. Semoga dengan kegiatan ini bisa memberikan wawasan dan pengetahuan kepada kita semua, tentunya dalam mendidik anak,” harap Ferdiansyah.

Untuk diketahui, dalam kegiatan itu dihadiri oleh Direktur Utama BPRS Bhakti Sumekar, perwakilan Polres Sumenep, Kodim 0827/Sumenep, Dinas Pendidikan dan Ketua PWI Sumenep.

Kemudian, pemateri Seminar Pendidikan diisi langsung oleh Assesor BAN-PAUD sekaligus Ketua Pokjawasmad Provinsi Jawa Timur, Ruslan Thohirin.

Disela kegiatan itu, turut diadakan peresmian seragam PAUD El Fath Sumenep yang akan digunakan pada tahun 2024 mendatang.

Editor : Ty/*

LAINNYA
x