x

Terdampak Proyek Kilang Minyak Tuban, Pertamina Juga Siapkan Lahan untuk Rumah Warga

2 minutes reading
Wednesday, 17 Feb 2021 08:42 0 124 Ika Lubis

BICARAINDONESIA-Tuban : PT Pertamina (Persero) sudah menyiapkan lahan untuk warga yang terdampak proyek pembangunan kilang minyak New Grass Root Refinery (NGRR) di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jatim. Lahan yang disiapkan pihak Pertamina tersebut seluas 20 hektare yang diperuntukkan relokasi rumah warga.

Dilansir dari Liputan6.com, lahan tersebut berada di tanah milik Perhutani di tepi jalur Pantura, tepatnya di Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Tuban. Lahan tersebut nantinya diperuntukan bagi 151 Kartu Keluarga (KK) terdampak. Selain rumah, di lahan tersebut juga akan dibangun fasilitas umum lainnya.

“Lahannya milik Perhutani dan telah siap 20 hektare beserta fasum-fasum lainnya,” ungkap Presiden Direktur PT Pertamina Rosneft Pengolahan dan Petrokimia, Kadek Ambara Jaya, Rabu, (17/2/2021).

Kadek mengatakan, warga yang direlokasi merupakan warga Desa Wadung, Kecamatan Jenu, Tuban. Selanjutnya, akan dipindahkan setelah pemukiman baru selesai dibangun dan siap huni.

“Selama belum dibangun, mereka tetap tinggal di rumahnya masing-masing,” katanya.

Meski begitu, Kadek mengungkapkan bahwa masih ada warga yang tidak mau keluar dari Desa Wadung. Sehingga ada istilah relokasi mandiri. Dimana, warga bersepakat untuk membeli tanah sendiri di Desa Wadung, Kecamatan Jenu, Tuban.

“Ada relokasi mandiri yakni warga mengambil uang tunai secara langsung dan itu sudah banyak,” ungkap Kadek.

Ada juga sejumlah warga yang telah siap untuk direlokasi ke lahan yang telah disiapkan Pertamina. Alasannya, karena lokasinya lebih prospektif lantaran dekat dengan jalur Pantura.

 

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x