x

UINSU Gelar Wisuda Secara Virtual

2 minutes reading
Monday, 29 Jun 2020 14:50 0 107 rizaldyk

BICARAINDONESIA-Medan : Untuk mencegah adanya penyebaran wabah Covid-19, yang masih meningkat di Sumatra Utara, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) menggelar wisuda ke-73 secara daring/virtual untuk program doktor, magister, sarjana dan diploma III, Senin (29/6/2020).

UINSU menjadi perguruan tinggi pertama di Medan yang melakukan wisuda secara virtual saat pandemi Covid-19 dengan melantik 646 wisudawan.

Bertempat di Aula UINSU, wisuda disiarkan secara langsung dengan diikuti wisudawan dari rumah masing-masing melalui Zoom dan  dilakukan siaran langsung di sosial Media resmi UINSU.

Rektor UINSU, Prof. Dr. H. Saidurrahman, M.Ag, dalam kata sambutannya, mengatakan bahwa pada tahun 2020 ini, UINSU belum bisa menggelar wisuda secara konvensional, karena harus tetap mematuhi protokol kesehatan dari pemerintah, untuk tidak membuat keramaian dalam satu tempat.

“Wisuda konvensional tidak mungkin dilakukan karena melanggar protokol kesehatan yang telah ditetapkan dan harus dipatuhi. Tujuannya tentu saja agar kita dapat memutus mata rantai penyebaran Covid 19, sehingga semua kita dan keluarga tetap dalam keadaan sehat dan selamat,” ungkap Saidurrahman.

Pada wisuda kali ini, para wisudawan mulai dari tingkat Diploma I hingga IV mengikuti prosesi wisuda tanpa ada tatap muka secara langsung.

Saidurrahman menuturkan bahwa walau dilakukan dalam prosesi yang berbeda dari biasanya, hal ini tidak menghilangkan kesakralan dari suatu momen wisuda.

“Kendatipun tampilannya berbeda, namun tidak menghilangkan esensi bahkan kesakralannya. Lewat wisuda virtual ini, UINSU Medan ingin menunjukkan keberpihakannya kepada para wisudawan.

“Kondisi bagaimanapun, termasuk pandemi Covid-19 ini tak menghalangi hak untuk memperoleh ijazah untuk selanjutnya digunakan apakah dalam rangka melanjutkan studi ataupun untuk mencari pekerjaan,” ujarnya.

Prosesi diikuti secara hikmat dengan diikuti ratusan mahasiswa dari seluruh fakultas selama kurang lebih tiga jam prosesi wisuda dengan membacakan nama wisudawan sambil menampilkan video mahasiswa secara bersamaan.
UINSU sendiri menjadi universitas pertama di Sumatra Utara yang telah melaksanakan wisuda secara virtual melalui Zoom.

Pada momen tersebut, UINSU juga meluncurkan buku wisuda secara online yang dapat diakses di wisuda.uinsu.ac.id.

Penulis / Editor : Amri Abdi

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x