x

Unjuk Rasa di Ibukota Papua Nugini Berujung Ricuh, Massa Bakar Mobil Polisi

1 minutes reading
Wednesday, 10 Jan 2024 21:41 0 90 Iki

BICARAINDONESIA-Jakarta : Unjuk rasa terjadi di Kota Port Moresby, Papua Nugini, akibat adanya perselisihan soal gaji tentara dan polisi. Massa yang marah kemudian membakar mobil polisi di luar Kantor Perdana Menteri (PM) Papua Nugini.

AFP, Rabu (10/1/2024), melansir bahwa para tentara, personel kepolisian dan para staf penjara setempat menggelar unjuk rasa damai pada Rabu (10/1/2023) pagi waktu setempat. Hal itu mereka lakukan setelah menyadari bahwa gaji mereka dipotong tanpa penjelasan.

Namun, pada Rabu (10/1/2023) sore waktu setempat, kerusuhan pecah dan menyebar hingga ke seluruh wilayah Port Moresby. Sejumlah video yang beredar di media sosial menunjukkan massa menjarah toko-toko dan para personel kepolisian berusaha memulihkan ketertiban.

“Sangat disayangkan situasinya menjadi seperti ini, sangat tidak beralasan,” ucap Komisioner Kepolisian Papua Nugini David Manning.

“Kami melakukan semua yang kami bisa untuk mengendalikan situasi di kota ini,” tegasnya.

Beberapa rekaman video menunjukkan massa yang merusuh juga berupaya menghancurkan rantai pada gerbang keamanan di luar kompleks kantor PM Papua Nugini. Namun, massa gagal membakar pos penjagaan dan akhirnya membakar sebuah SUV berwarna putih milik kepolisian yang diparkir di luar kompleks.

Editor: Rizki Audina/*

LAINNYA
x