Vaksinasi Tuna Rungu dan Pemulung

BICARAINDONESIA- Medan : Gerakan Untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (GERKATIN), DPC Medan dan Deli Serdang, Gerakan Perjuangan Pemulung Indonesia (GAPPI) berkerjasama dengan Kementerian BUMN akan mengadakan vaksinasi untuk komunitas hari ini, Kamis, (22/7/2021). Vaksinasi ini akan dilaksanakan pukul 09.00- 15.00 WIB di sentra vaksinasi BUMN, eks. Bandara Polonia Medan.

Hal ini dilakukan untuk mengatasi beberapa penyakit dan menciptakan herd immunity. Maka kerjasama ini diharapkan sebagai upaya pelibatan tuna rungu secara partisipatif.

Berdasarkan data Kemenkes RI per 21 Juli 2021, Pukul 18.00 WIB, total Vaksinasi 1: 42.868.023 (20.58%), dan total Vaksinasi 2: 16.713.406 (8.03%) dari 208.265.720 total sasaran vaksinasi di Indonesia.

Pemulung, kelompok rentan terhadap penyebaran berbagai jenis penyakit. Pemulung setiap hari berhadapan dengan “sampah”. Sampah yang kita hasilkan selama masa pandemi Covid-19 ini pun tidak dapat dihindari oleh pemulung. Kita belum memiliki fasilitas pemilahan maupun pemisahan sampah. Kita masih membuang bekas masker, sarung tangan bersama dengan sampah lainnya di dalam tempat sampah yang sama.

Vaksinasi kelompok rentan komunitas pemulung ini, kerjasama GAPPI dengan Kementerian BUMN, sebagai pintu masuk untuk mendorong percepatan vaksinasi kelompok rentan lainnya. Pemerintah diminta agar memperhatikan komunitas pemulung dan kelompok rentan lainnya.

Semoga herd immunity kita semakin cepat terwujud.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!