x

Wow!! Masyarakat STM Hilir Panen Ikan Mas Seberat 1 Ton

3 minutes reading
Saturday, 19 Dec 2020 14:33 0 114 admin

BICARAINDONESIA-STM Hilir : Luar biasa. Itu sepertinya ungkapan yang pas saat masyarakat Dusun Bandarbayu, Desa Siguci, Kec. STM Hilir Kab. Deliserdang, Sumatera Utara, yang melaksanakan panen perdana Ikan Mas, Sabtu (19/12/2020).

Karena panen ikan yang dihasilkan dari kolam seluas 60 hektar itu, tak tanggung. Mencapai 1 ton.

Apresiasi itu pun turut diungkap Ketua DPD PAN Deliserdang, Imran Obos, SE. Bahkan ia mengaku salut melihat kegigihan Patani ikan di dusun tersebut.

Imran juga menyebutkan, kegigihan para petani ikan mas itu terlihat dari letak kolam. Meski berada di bawah jalan berbukit yang bila ditempuh perjalanan dengan berjalan kaki sekitar satu jam, tapi bukan halangan bagi mereka.

“Salut kita melihat para petani ikan mas di desa ini , saya memberikan apresiasi yang tinggi untuk mereka,” ungkap Imran Obos usai melakukan simbolisisasi panen perdana dan memotong pita di acara panen perdana dan pengiriman ikan mas.

Ia juga mengatakan, bahwa sekitar tiga bulan atau lebih para petani ikan berhasil memanen ikan dengan sukses dan berhasil.

“Ini juga berkat kerjasama dengan PT Leong Hup Jayaindo dengan pakannya 982 super untuk makanan ikan mas, mudah mudahan ini akan berlanjut terus dan para petani Ikan mas disini bisa sejahtera,” harap pria yang berprofesi sebagai Anggota Dewan itu.

Ketua Komisi I DPRD Deliserdang itu juga berharap agar petani ikan mas bisa bersinergi dengan pemerintahan agar mendapatkan bantuan dari Pemkab Deliserdang khususnya Dinas Perikanan dan Kelautan yang membidangi ini.

“Mudah mudahan kedepannya, Pemkab Deliserdang memperhatikan para petani disini. Saya berharap para petani ikan mas ini mempertahankan kualitas ikan mas yang sangat bagus ini,” tandasnya.

Terkait prestasi itu, Senior Manager Marketing Aquafeed PT Leong Hip Jayaindo didampingi senior SPV Marketing Aquafeed Valla Pasaribu, Formulator Aquafeed Helentina Mariance Manulang berterima kasih dan mengapreasiasi petani ikan mas yang sudah bekerjasama dalam budi daya ikan mas sehingga panen perdana ini bisa sukses dari hasil kerja keras para petani ikan.

“Terima kasih kerja sama ini dengan memakai pakan 982 super, saya berharap nantinya kelompok tani sini segera membentuk kelompok kelompok tani selanjutnya dengan lengkap kepengurusan, karena kelompok tani disini nantinya bisa mengendalikan harga sehingga para petani tetap mendapatkan keuntungan,” kata Nursani.

Sementara, salah seorang petani ikan mas H Barus menyebutkan bahwa panen ikan mas perdana ini berhasil dan menghasilkan ikan mas yang berkualitas.

“Sebelumnya panen panen ikan mas tidak seperti ini, kalau dibilang kurang berhasil lah bang, Namun semenjak kerjasama dengan PT Leong Hup Jayaindo ini kami sangat senang ikannya bagus dan berkualitas,” kata Barus.

Ia mengatakan bahwa umur ikan mas ini sekitar tiga bulan lebih sudah bisa dipanen.

“Sudah bisa dipanen dengan ukuran 7 ons ke atas beratnya. Ada yang beratnya satu kilo maupun lebih. Terima kasih kepada PT Leong Hup Jayaindo dan kepada Ketua PAN Deliserdang yang selalu mendukung para petani ikan mas,” tandasnya.

Ucapan terima kasih kepada semua pihak juga disampaikan tokoh masyarakat Abadi Tarigan, sehingga acara panen perdana ini berjalan dengan lancar dan sukses walaupun terkendala dengan jalan akses menuju kolam yang begitu terjal, namun tidak membuat patah semangat para undangan yang hadir.

“Terima kasih ketua PAN Deliserdang dan PT Leong Hup Jayaindo dan khususnya para petani ikan mas yang sudah melaksanakan panen perdana dengan lancar,” kata Abadi Tarigan.

Hadir pada kegiatan tersebut penyuluh dari Kementerian Perikanan dan Kelautan Norma Tarigan dan perwakilan Diskanla Deliserdang, Bumdes E Tarigan dan belasan petani ikan mas Desa Seguci, Kecamatan STM Hilir.

Penulis : Budi
Editor : Teuku

 

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x