x

1 Tahun Pandemi Covid-19 di Indonesia, Presiden: Pemerintah Terus Berupaya

2 minutes reading
Tuesday, 2 Mar 2021 05:45 0 125 Ika Lubis

BICARAINDONESIA-Jakarta : Pandemi Covid-19 telah satu tahun menghantui Indonesia dan belum menunjukkan tanda-tanda akan selesai. Sekitar 365 hari lalu, kasus Covid-19 pertama di Indonesia diumumkan oleh Presiden Joko Widodo.

Sita Tyasutami (31) dan ibunya Maria Darmaningsih (64) yang menjadi pasien kasus pertama Covid-19 di Indonesia. Dua warga Depok tersebut dinyatakan terpapar Corona pada 2 Maret 2020, setelah sebelumnya berkontak langsung dengan warga negara Jepang.

Di momen setahun ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa sampai saat ini pemerintah terus melakukan upaya untuk mengendalikan pandemi Covid-19 di Tanah Air.

“Pemerintah terus berupaya mengendalikan pandemi Covid-19 melalui sejumlah kebijakan,” tulis Jokowi di akun Instagram resminya, Selasa (2/3/2021).

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro dengan melibatkan perangkat pemerintahan hingga unsur terkecil di tingkat RT/RW menjadi salah satu upaya yang tengah dilakukan pemerintah saat ini untuk penanganan kasus Covid-19.

Selain itu, pemerintah juga tengah melangsungkan program vaksinasi massal di seluruh Indonesia. Vaksinasi Covid-19 ditargetkan selesai dalam 15 bulan atau dari Januari 2021 hingga Maret 2022.

“Dan hari-hari ini, pemerintah menggelar vaksinasi massal di seluruh Indonesia,” tulis presiden.

Jokowi lebih lanjut menyampaikan, vaksinasi massal nasional telah dimulai 13 Januari lalu dengan menyasar para tenaga kesehatan. Dan saat ini, program vaksinasi telah memasuki tahap kedua yang ditujukan bagi pelayan dan pekerja publik serta penduduk lanjut usia (lansia).

“Pada tahap kedua yang kini berlangsung, vaksinasi ditujukan untuk 16,9 juta pelayan dan pekerja publik, serta 21,5 juta penduduk lanjut usia,” katanya.

Namun yang tak kalah penting dari vaksinasi adalah menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Presiden mengajak seluruh warga Indonesia agar disiplin untuk menerapkan protokol kesehatan.

“Pada saat yang sama, kita semua tetap harus disiplin melaksanakan protokol kesehatan yang ketat, mamakai masker, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak,” tandasnya.

 

Sumber: Prfmnews.id

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x