x

Chelsea Jadi Klub Pertama yang Adakan Bukber di Stamford Bridge

2 minutes reading
Tuesday, 14 Mar 2023 14:17 0 125 Iki

BICARAINDONESIA-Jakarta : Klub sepak bola Chelsea akan menggelar buka puasa bersama (bukber) pada Ramadan mendatang. Hal itu merupakan acara bukber pertama yang dilakukan oleh tim dari Inggris.

Rencananya, acara itu akan diselenggarakan pada 26 Maret 2023, tepatnya awal bulan Ramadan tahun ini. Mengutip laman resminya pada Selasa (14/3/23), Chelsea menyebut, agenda itu akan diadakan di stadion Stamford Bridge. Kandang dari “Pride of London” itu sendiri.

Kegiatan bukber itu diusung oleh Chelsea Foundation dan bekerja sama dengan Ramadan Tent Project. Sebuah badan amal pemenang penghargaan yang berdiri pada tahun 2013.

Dalam rangka merayakan tahun jadinya yang ke-10, pendiri dan CEO Ramadan Tent Project Omar Salha mengatakan, bukber menjadi bagian dari kegiatan tahunan lembaganya itu.

“Selama satu dekade terakhir, Ramadan Tent Project telah menghubungkan dan mengumpulkan lebih dari setengah juta orang dengan semua latar belakang melalui Festival Ramadan tahunan dan buka bersama adalah acara andalannya,” ujarnya.

“Kami merasa terhormat untuk menghadirkan buka puasa ke Stamford Bridge. Pada kesempatan peringatan 10 tahun kami dan tema 2023 kami ‘Kepemilikan’, sertabekerja dalam kemitraan dengan klub Chelsea yang telah mendorong inklusivitas dalam sepak bola. Sedemikian rupa, ‘Pride of London’ akan menjadi klub Liga Premier pertama dalam sejarah yang menyelenggarakan acara Open Iftar,” tambah Omar.

Melalui acara ini, Omar Salha turut mengungkapkan rasa syukurnya, sepak bola dan Ramadan bisa mengumpulkan orang-orang dari berbagai latar belakang.

“Sepak bola dan Ramadan menyatukan orang-orang melalui pengalaman bersama. Kami sangat senang berbagi perayaan penting ini dengan para pendukung sepak bola dari semua latar belakang, mewakili komunitas-komunitas,” imbuhnya.

Selain itu, sejumlah anggota masjid lokal dan komunitas muslim Chelsea yang terdiri dari suporter dan siswa sekolah akan diundang untuk hadir, bersama dengan para staf Chelsea. Nantinya, agenda tersebut memungkinkan umat Islam berkumpul untuk buka puasa bersama. Sekaligus menyediakan ruang yang aman untuk berdialog dan saling berinteraksi dengan yang lainnya.

Bagian dari Kampanye ‘No To Hate’

Chelsea menjadikan kegiatan bukber sebagai bagian dari kampanye ‘No To Hate’. Salah satu program kesetaraan, keragaman l, dan inklusi di seluruh klub. Yang mana, aksi itu bertujuan untuk mengedukasi semua pemangku kepentingan atas penargetan kebencian dan diskriminasi atas kelompok tertentu. Serta mempromosikan toleransi beragama adalah fokus utama dari ‘No To Hate’.

Untuk diketahui, dalam klub Chelsea sendiri terdapat beberapa pemain muslim. Di antaranya ialah Ngolo Kante, Kalidou Koulibaly, Hakim Ziyech, Wisley Fofana, Edouard Mendy, dan Dennis Zakaria.

Editor: Rizki Audina/*

LAINNYA
x