x

Dirut Perum Bulog: Indonesia akan Impor 2 Juta Ton Beras di Tahun 2024

2 minutes reading
Friday, 22 Dec 2023 17:07 0 95 Iki

BICARAINDONESIA-Jakarta : Pada tahun 2024 mendatang, Indonesia akan mengimpor sebesar 2 juta ton beras. Hal itu disampaikan oleh Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi.

Penugasan impor beras dilakukan untuk memastikan ketersediaan cadangan beras pemerintah (CBP) di tahun depan.

“Indonesia tahun depan butuh 2 juta ton (impor beras). Itu akan kita coba mencari yang terbaik,” kata Bayu, dikutip Jumat (22/12/2023).

Kebutuhan impor hingga 2 juta ton di 2024, kata Bayu, melihat dari kekurangan di 2023 yang mencapai sekitar 1,3 juta ton dan juga angka ketidakpastian yang masih tinggi. Ditambah lagi untuk mengkover bantuan pangan dan Stabilisasi Pasokan Harga Pasar (SPHP) 2024.

“Jadi, kurang lebih 2 juta ton itu hitungannya. Tingkat ketidakpastiannya masih tinggi, karena kita tidak tahu kondisi ke depan. Mudah-mudahan kita bisa melewati proses politik dengan aman sehingga tidak ada faktor geopolitik dalam negeri. Namanya logistik, stok tujuannya untuk berjaga-jaga,” imbuhnya.

Terkait asal negara impor, masih terus dijajaki. Dengan Thailand sedang dilakukan pendekatan melalui dua skema, yakni Business to Business (B2B) dan Government to Government (G2G). Sementara itu, dengan India hanya melalui G2G.

“India telah mengubah peraturannya menjadi hanya dilakukan oleh pemerintah G2G untuk beras, termasuk beras pecah, gandum dan gula. Ada lembaga yang mereka bentuk di India dan itu yang akan jadi pintu masuknya,” jelas Bayu.

Bayu menekankan pentingnya stabilitas pangan meskipun harus dengan cara impor. Pasalnya, hal itu merupakan sesuatu yang diinginkan oleh masyarakat, terlebih masyarakat berpendapatan rendah.

Editor: Rizki Audina/*

LAINNYA
x