x

Gunung Sinabung Menebar Ancaman

2 minutes reading
Thursday, 4 Feb 2021 08:27 0 56 admin

BICARAINDONESIA-Karo : Walaupun cenderung tenang dalam beberapa bulan terakhir, namun Gunung Api Sibaung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, masih terus menebar ancaman.

Erupsi besar disertai dengan lontaran material batu dan debu vulkanik, bisa terjadi kapan saja. Apalagi gunung setinggi 2460 mdpl itu, masuk sebagai gunung paling aktif di Nusantara. Bahkan, tercatat mulai erupsi pada 2010 silam, hingga 11 tahun atau memasuki 2021, erupsi Sinabung yang kini berstatus Siaga (Level III) tak kunjung berhenti.

Terkait ancaman Sinabung itu terlihat dari postingan Armen Putra, salah seorang petugas di Pos Pengamatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di laman akun facebooknya pada Kamis (4/2/2021).

Postingan Armen Putra, petugas Pos Pengamatan PVMBG/foto : ss

Sambil memajang foto Sinabung hasil jepretan di Pos Pengamatan yang berlokasi ke Kecamatan Simpang Empat, Tanah Karo, ia menulis kalimat “Kubah lava Sinabung saat ini semakin tinggi dan gempa¬≤ Guguran jg terjadi peningkatan Potensi Awan panas Guguran jg semakin tinggi. Di harapkan Masyarakat dan pengunjung tidak mendekat ke zona merah Sinabung karna potensi ancaman bahayanya sangat tinggi. Terima kasih atas perhatiannya”.

Dengan kondisi kubah lava yang demikian, diperkirakan ada 4 juta meter kubik lava di bibit kawah Sinabung, yang sangat berpotensi runtuh. Ancamannya tentu sangat besar. Masyarakat di zona tertentu juga diminta selalu waspada dan jangan mendekati zona bahaya.

Penulis/Editor : Yudis

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x