Hadirkan Fitur Super Thanks, Audiens Bisa Beri Tip untuk YouTuber

BICARAINDONESIA- Jakarta : YouTube tengah melakukan uji coba fitur baru bernama “Super Thanks”. Lewat fitur ini pemirsa YouTube bakal punya cara baru untuk menunjukkan dukungan dan tip untuk kreator terfavorit mereka.

Mengutip The Verge, Kamis (22/7/2021), fitur ini memungkinkan audiens untuk memberikan apresiasi kepada YouTuber dengan memberi tip, yang tersedia dalam empat opsi besaran uang, yakni antara USD 2 (sekitar Rp 30 ribu) hingga USD 50 (sekitar Rp 720 ribu). Nilai ini diatur sesuai ketentuan masing-masing negara.

Saat pemirsa memilih salah satu opsi besaran tip ini, nantinya pemirsa bisa melihat animasi perayaan di layar. Selain itu, komentar penuh warna dengan nama mereka akan muncul di bawah video, di bagian komentar. Kreator pun bisa menanggapi pesan ini dengan cara yang sama seperti membalas komentar biasa.

Setahun belakangan, YouTube telah menguji tool ini dengan nama berbeda, yakni “Viewer Applaud”. Kini YouTube memilih nama Super Thanks dan telah tersedia dalam YouTube versi beta di 68 negara, baik itu di YouTube desktop, Android, maupun iOS.

Super Thanks merupakan  opsi keempat yang ditambahkan YouTube untuk memberikan apresiasi kepada para pembuat konten, dalam bentuk memberi tip langsung.

Sebelumnya YouTube sudah menghadirkan keanggotaan channel. Fitur keanggotaan alias membership ini memungkinkan pembuat konten menawarkan layanan bulanan.

Selain itu, YouTube juga telah menghadirkan Super Stickers dan Super Chat yang memungkinkan pemirsa memberikan tip dalam chat selama YouTuber live streaming.

Jika Super Stickers dan Super Chat berfungsi feed live, Super Thanks dapat digunakan pada semua konten memenuhi syarat, yang diunggah si YouTuber.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!