x

Mengaku Kecolongan, GTPP Covid-19 Sibolga Evakuasi Warganya yang Terpapar Corona

3 minutes reading
Friday, 26 Jun 2020 05:57 0 148 admin

BICARAINDONESIA-Sibolga : Tim Gugus tugas Pemko Sibolga mengaku kecolongan terkait keberadaan seorang warga Sibolga yang terpapar covid-19.

Hal itu disampaikan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sibolga saat gelar konfrensi pers di Aula Nusantara Pemko Sibolga, pada Kamis sore, 25 Juni 2020.

Dalam kegiatan itu dipaparkan bahwa warga yang terpapar virus corona diketahui berinisial NS (67) warga Jl. Kamboja, Kota Sibolga, Sumatera Utara.

Wakil Walikota sekaligus Tim gugus tugas Pemko Sibolga Edi Polo Sitanggang mengatakan, awalnya pada Selasa, 23 Juni 2020 sekitar pukul 20.50 WIB, pasien tersebut diketahui sempat berobat ke IGD RSUD FL Tobing dengan keluhan jantung, hipertensi dan sesak nafas.

Tim Gugus Tugas Covid-19 Pemko Sibolga saat gelar konfrensi pers di Aula Nusantara/foto : ben

Setela itu tim medis rumah sakit melakukan rapid tes kepada pasien sebanyak 2 kali dan hasilnya reaktif.

“Disitu kita langsung rujuk pasien pada Rabu, 24 Juni 2020 Jam 15.30 Wib untuk pemindahan ke rumah sakit di Tarutung, kata Edi Polo saat melakukan konfrensi pers di aula Nusantara,” terangnya.

Sementara untuk riwayat perjalanan, Polo menegaskan bahwa NS sama sekali tidak ada melakukan perjalanan keluar kota.

“Hanya saja pada tanggal 19 Juni 2020 pasien melangsungkan pesta pernikahan anaknya di Pargadungan. Disitu keluarga pasien ada yang datang dari Rantauprapat,” sebutnya.

Selanjutnya masih kata Edi Polo, tim GTPP Covid 19 Kota Sibolga telah melakukan tindakan dengan Tracking di RSUD FL Tobing untuk mengetahui tenaga kesehatan yang melakukan kontak dengan pasien.

Melakukan Tracking disekitar tempat pasien, mengisolasi keluarga inti pasien sebanyak 13 orang di wisma atlet Parambunan dan melakukan rapid test, melakukan penyemprotan desinfektan dirumah pasien, melakukan rapid test terhadap warga yang kontak langsung dengan pasien di lingkungan tempat tinggalnya, berkoordinasi dengan Camat, Lurah, Kepling, Babinkamtibnas, Babinsa untuk monitoring dan pengawasan di lingkungan tempat tinggal pasien.

Keluarga dari Pasien NS Akhirnya di Isolasi Mandiri di Wisma Atlet Parombunan

Keluarga NS yang positif virus corona (Covid-19), tinggal di Kelurahan Simare-mare, Kecamatan Sibolga Utara telah dievakuasi ke Wisma Atlet Parombunan untuk isolasi mandiri, pada Kamis malam tadi.

Tim GTPP Covid-19 Kota Sibolga bergerak cepat melakukan evakuasi terhadap keluarga pasien. Juru Bicara GTPP Covid-19 Sibolga, Binner Lumban Gaol menyampaikan, evakuasi untuk menjalani isolasi terhadap keluarga pasien, dilakukan di Mess Atlit Kel. Parombunan, Kec. Sibolga Selatan, Kota Sibolga.

Hadir dilokasi unsur TNI, Polri yang dipimpin Dandim 0211/TT Letkol Inf Dadang Alex dan Kapolres Sibolga AKBP Triyadi, bersama BPBD dan jajaran Tim Gugus Tugas Covid-19 Pemko Sibolga lainnya, yang langsung membantu proses evakuasi keluarga pasien NS.

Pantauan dilokasi pemindahan isolasi mandiri terhadap keluarga NS berjalan lancar tidak ada hambatan baik dari manapun.

Penulis : Benny
Editor : Yudis

 

 

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x