x

Sastrawan Senior Indonesia Remy Silado Meninggal Dunia, Tutup Usia 77 Tahun

1 minutes reading
Monday, 12 Dec 2022 08:47 0 163 Iki

BICARAINDONESIA-Jakarta : Politikus Partai Gerindra Fadli Zon mengabarkan dalam unggahannya di Twitter bahwa Remy Silado, sastrawan dan novelis meninggal dunia, Senin (12/12/2022).

“Selamat jalan Bang Remy Sylado. Baru beberapa hari lalu mengobrol tentang Elvis Presley dan manajernya Kolonel Tom Parker. RIP,” tulis Fadli Zon di akun Twitternya.

Jurnalis yang bernama asli Japi Panda Abdiel Tambayong itu meninggal dunia pada usia 77 tahun. Remy Sylado diketahui telah menderita penyakit komplikasi beberapa tahun belakangan.

Dia sempat menjalani perawatan di ruang intensive care unit (ICU) pada tahun 2020. Kemudian, awal tahun 2022, Remy dikabarkan kembali terbaring sakit akibat serangan stroke yang ketiga kalinya.

Selain seorang sastrawan, novelis, dan jurnalis, Remy Silado juga dikenal sebagai penyanyi, dan aktor.

Tidak hanya itu, Remy juga merupakan dosen di Akademi Sinematografi Bandung, Institut Teater dan Film, dan Sekolah Tinggi Teologi. Dia pun menjadi ketua di Teater Yayasan Pusat Kebudayaan Bandung.

Remy Silado banyak melahirkan karya tulisan, di antaranya ialah kritik, puisi, cerpen, novel, drama, kolom, esai, sajak, roman populer, juga buku-buku musikologi, dramaturgi, bahasa, dan teologi. Dia juga merupakan salah satu pelopor penulisan Puisi mBeling bersama Jeihan dan Abdul Hadi WM.

Editor: Rizki Audina/*

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x