x

Semarak Pekan Simulasi Kebakaran, Biro K3L PLN UP3 Medan Gelar Simulasi Proteksi Bencana

2 minutes reading
Saturday, 5 Sep 2020 04:03 0 134 admin

BICARAINDONESIA-Medan : Dalam rangka meningkatkan Implementasi Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) serta dalam upaya pencegahan terhadap bencana amuk si jago merah yang bertepatan dengan semarak Pekan Simulasi Kebakaran, Biro Kesehatan dan Keselamatan Kerja Lingkungan (K3L) PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Medan menggelar kegiatan Simulasi Proteksi Bencana Kebakaran.

Kegiatan yang melibatkan para karyawan PLN UP3 Medan dan dilaksanakan di kantor PT PLN (Persero) UP3 Medan, Jum’at, 4 September 2020.

Simulasi yang dilakukan mulai dari mereview Standard Operating Procedure (SOP) sistem proteksi kebakaran, melaksanakan pelatihan simulasi proteksi kebakaran yang terdiri dari penggunaan dan pemeriksaan Alat Pemadam Api Trasional (APAT) penggunaaan dan pemeriksaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), penggunaan dan pemeriksaan Alat Pemadam Api Berat (APAB), penggunaan, pengujian dan pemeriksaan sistem hydrant (reservoir, sistem perpipaan, ruang pompa, jockey pump, electric main pump, diesel pump, control panel, dan aksesoris hydrant lainnya).

Suasana simulasi pemadaman kebakaran yang dilaksanakan perangkat jajaran PLN UP3 Medan dalam rangka semarak Pekan Simulasi Kebakaran/foto : ist

Dalam simulasi yang digelar di halaman Kantor PLN UP3 Medan secara mandiri ini bertujuan untuk memberikan edukasi penjelasan dan contoh cara memadamkan api yang benar kepada para karyawan.

Kemudian memberikan kesempatan kepada seluruh karyawan terdiri dari pegawai PLN, Security dan karyawan alih daya yang turut hadir untuk mencoba cara memadamkan api dengan peralatan sederhana seperti karung basah hingga peralatan yang tersedia di kantor PLN seperti alat pemadam api ringan dengan tetap mengutamakan Penerapan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

Manager PT PLN (Persero) UP3 Medan, Dian Herizal mengatakan, kegiatan simulasi ini sera rutin digelar dan sudah menjadi agenda setiap tahun Biro K3L.

“Misinya tentu agar menjadi budaya bagi kita semua untuk selalu cepat tanggap, siaga dan waspada apabila ada kejadian mau pun musibah kebakaran,” tuturnya.

Dian juga menambahkan, meski belum pernah terjadi kebakaran di kantor PLN, pihaknya mengatakan bahwa simulasi bencana seperti ini sangat penting mengingat bencana tidak ada yang pernah atau kapan akan terjadi.

Selanjutnya, ia berharap agar simulasi berikutnya dilakukan dengan lebih komplit dengan melibatkan beberapa kegiatan tanggap darurat mulai dari gempa bumi, banjir, penyusupan, disertai demonstrasi.

“Artinya lewar kegiatan ini kita semua agar bisa menjadi terbiasa melakukan tindakan dengan cepat dan dengan benar jika menghadapi situasi sesungguhnya termasuk disediakan Assembly Point atau tempat berkumpul seluruh orang yang sudah dievakuasi, dikarenakan PLN UP3 Medan merupakan Objek Vital Nasional dan segala kemungkinan darurat dapat terjadi,” pungkasnya.

Editor : Dis/rel

 

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x