x

Tim PKM UnDhar Beri Pelatihan Kewirausahaan kepada BKM dan Jamaah Masjid An-Nazhirin

2 minutes reading
Thursday, 22 Oct 2020 15:05 0 105 rizaldyk

BICARAINDONESIA-Medan : Dosen tetap Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharmawangsa (UnDhar) kembali melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, Kamis (22/10/2020).

Pengabdian kali ini mengambil judul ‘Manajemen Keuangan bagi Jamaah Masjid An-Nazhirin Kota Medan’ sebagai upaya pembekalan keterampilan wirausaha dan penguatan umkm.

Kegiatan pengabdian kali ini bermitra dengan BKM masjid An-Nazhirin dan jamaah sebagai pesertanya.

Pada kegiatan kali ini yang didapuk sebagai narasumber yakni Muhammad Reza septriawan, SE, AK, MSi (ketua tim PKM UnDar) serta Syaiful Amri S.Kom, MM, Sri Mulyani S.Sos, MM dan Listya Devi Junaidi SE, MSi (anggota tim PKM).

Dalam paparannya, Muhammad Reza septriawan, SE, AK, MSi mengatakan bahwa, kegiatan kali ini untuk membantu para pelaku usaha agar dapat bertahan di tengah gelombang pandemi covid-19.

“Mengingat saat ini, masa pandemic telah menghantam seluruh sektor ekonomi, termasuk para pelaku UMKM, maka kami mencoba membantu para pelaku usaha untuk dapat bertahan. Salah satu cara nya adalah dengan penguatan manajemen keuangan,” kata Muhammad Reza septriawan, SE, AK, MSi.

Reza juga memahami kalau mayoritas pelaku usaha tidak melakukan pencatatan keuangan. Berdagang dan berbisnis bisa dibedakan dengan ada atau tidak nya Laporan Keuangan.

“Kami sadar, bahwa mayoritas pelaku usaha tersebut tidak melakukan pencatatan keuangan, hal ini sangatlah penting. Berdagang dan berbisnis bisa dibedakan dengan ada atau tidaknya laporan keuangan. Jika tidak memiliki laporan keuangan maka pelaku usaha masih dikategorikan hanya berdagang saja dan belum berbisnis. Jadi, kali ini kami mencoba memberikan arahan terkait cara pembuatan laporan keuangan secara sederhana. Dimulai dengan mengumpulkan bukti-bukti transaksi yang dicatat kemudian dirangkum menjadi sebuah laporan keuangan sederhana,” terang Reza.

Sementara itu, Maridin, wakil ketua BKM mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh para dosen dari Universitas Dharmawangsa ini.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan kali ini. Pelatihan ini sangat baik dan dilakukan dengan cara yang menarik, hal ini terlihat dari antusias para peserta mengikuti kegiatan ini,” ujar Maridin.

Selain tim PKM Universitas Dharmawangsa dan para peserta, kegiatan ini juga dihadiri oleh Dr. Ngatno Saputra, SEI, MA (reviewer) dan beberapa mahasiswa.

Penulis / Editor : Amri Abdi

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x