x

Bekerjasama dengan Binet, Formapera Gelar Pelatihan Teknik Dasar Jurnalistik

2 minutes reading
Sunday, 3 Jan 2021 10:13 0 146 admin

BICARAINDONESIA-Batangkuis : Untuk membangun wawasan sekaligus memberi pemahaman teknik dasar jurnalistik kepada seluruh anggota, LSM Forum Masyarakat Pemantau Negara (Formapera), menggandeng Redaksi Bicara Indonesia.net (Binet), menggelar pelatihan jurnalistik dan investigasi, Minggu (3/1/2021).

Dalam kegiatan yang digelar di Aula Kantor Desa Bintangmeriah, tampak diikuti puluhan anggota Formapera sebagai peserta dan sejumlah pengurus inti organisasi mulai dari tingkat DPN, DPW Sumatera Utara dan DPD Deliserdang.

Kegiatan itu sendiri menghadirkan pemateri Pemimpin Redaksi Binet sekaligus Ketua Umum Formapera, Yudhistira, SI.Kom dan jurnalis Metro TV Surya Dharma, ST, MSi.

Kepala Desa Bintangmeriah Bambang Hartoko, SH dalam pembukaan kegiatan ini mengaku sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Formapera.

Seluruh pameteri, peserta dan pengurus Formapera berfoto bersama/foto : ist

“Kegiatan ini membuat organisasi ini semakin beda dengan LSM yang ada selama ini. Saya sangat mengapresiasinya,” ucapnya.

Sedangkan Ketua DPW Formapera Sumut Feri Afrizal sekaligus pengagas kegiatan berharap agar seluruh peserta bisa serius menyerap pelajaran apa yang disampaikan oleh pemateri.

“Apalagi jurnalistik ini merupakan ilmu yang sangat universal. Ada atau tidak niat kita terjun menjadi jurnalis yang profesional, ilmu jurnalistik ini sangat bermanfaat. Karena itu saya berharap semua peserta serius dalam mengikuti pelatihan yang menjadi bagian dari program kerja organisasi,” tandasnya.

Sementara, Yudhistira dalam materinya, menyampaikan beberapa hal tentang teknik dasar peliputan, penulisan sampai akhirnya sebuah informasi menjadi sebuah berita yang layak dikonsumsi masyarakat.

Selain itu, setiap peserta juga diberi pemahama terkait hal-hal yang wajib diperhatikan seorang wartawan, dengan mematuhi kode etik dan UU Pers No 40 tahun 1999, sehingga setiap wartawan tidak terjerat dalam delik hukum.

Sedangkan Surya Dharma dalam materinya fokus mengenai teknik dasarĀ  peliputan audio visual khususnya untuk kepentingan pemberitaan di televisi.

Dalam kegiatan yang berlangsung mulai pukul 10.00-16.00 WIB itu, tampak pula hadir Sekjen DPN Formapera Bambang Syahputra, jajaran pengurus DPN dan fungsionaris organisasi. Pelatihan ini sendiri ditutup dengan pemberian sertifikat bagi peserta dan berfoto bersama.

Penulis/Editor : Teuku

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x