x

Jelang Nataru, Satgas Pangan Polres Labuhanbatu Sidak Pasar Tradisional

2 minutes reading
Friday, 15 Dec 2023 20:15 0 83 admin

BICARAINDONESIA-Labuhanbatu : Tim Satgas Pangan Polres Labuhanbatu menggelar inspeksi mendadak (sidak) sejumlah pasar yang ada di 2 Kabupaten, Jum’at (15/12/2023).

Selain untuk memastikan ketersediaan stok dan pasokan bahan pangan aman, kegiatan tersebut juga dilakukan untuk mencegah praktik penimbunan sembako yang berpotensi merugikan masyarakat.

Sidak di Pasar Glugur Rantauprapat, Kabupaten Labuhanbatu dan Pasar Aek Kanopan I Labuhanbatu Utara tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memastikan ketersediaan bahan pokok menjelang perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

“Kegiatan yang kerap dilaksanakan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memastikan ketersediaan bahan pokok dan menghidari kenaikan harga yang tidak wajar apa lagi saat ini menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024,” ungkap Kanit Ekonomi Polres Labuhanbatu, Iptu Jhonson F Simorangkir, S.Tr.K., kepada wartawan di Mapolres usai sidak.

Dijelaskan Jhonson, sidak pasar ini juga bertujuan untuk memantau ketersediaan bahan pokok, terutama sembako yang menjadi kebutuhan utama masyarakat khususnya menjelang hari besar.

Dalam sidak itu tim satgas yang dipimpinnya itu menemukan adanya kenaikan harga. Misalnya harga cabai. Namun hal itu masih bisa dimaklumi mengingat faktor curah hujan yang tinggi hingga memicu gagal panen. Sedangkan kenaikan harga jenis sembako lainnya masih dalam batasan yang wajar.

“Hasil dari sidak hari ini tim menemukan beberapa harga sembako masih relatif stabil dan ada juga beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan harga, namun masih dalam batas wajar dan tidak signifikan,” sebut Jhonson.

Namun dari hasil sidak itu, sambungnya, bisa dipastikan bahwa stok ketersediaan bahan pokok lainnya masih mencukupi kebutuhan masyarakat dalam menghadapi Nataru.

“Kepada Masyarakat yang mengetahui adanya pelaku penimbunan bahan pokok, diharapkan segera melaporkannya kepada pihak berwajib. Hal ini menjadi langkah preventif guna menjaga stabilitas pasokan dan harga bahan pokok di wilayah Kabupaten Labuhanbatu dan Labuhanbatu Utara,” tutupnya.

Penulis : Aji
Editor : Ty

 

LAINNYA
x