x

Prediksi BMKG, Abu Vulkanik Sinabung Capai Bandara Kualanamu Malam Ini

1 minutes reading
Monday, 10 Aug 2020 09:35 0 142 rizaldyk

BICARAINDONESIA-Deliserdang : BMKG membuat simulasi dan prediksi, soal arah abu vulkanik dari erupsi Gunung Sinabung di Karo, Sumatera Utara (Sumut), dan diprediksi mencapai Bandara Kualanamu di Deliserdang malam ini.

“Dari arah angin yang kami simulasikan ada kemungkinan abu vulkanik Sinabung sampai Bandara Kualanamu malam nanti,” kata Kepala Stasiun Meteorologi Kualanamu, Bambang Setiajid, kepada wartawan, Senin (10/8/2020).

Namun, dirinya memperkirakan konsentrasi abu yang mencapai wilayah Kualanamu sudah tipis dan halus. Abu vulkanik juga diperkirakan mencapai Medan.

“Namun tipis saja. Kemungkinan sampai Medan ada, namun dengan konsentrasi abu yang sangat tipis dan halus,” ucapnya.

Dirinya belum bisa menjelaskan, apakah abu vulkanik tersebut bakal mengganggu jadwal penerbangan di Bandara Kualanamu atau tidak.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan Sumut juga mengingatkan warga di Medan agar memakai masker untuk mencegah gangguan kesehatan akibat abu vulkanik. Menurut Dinkes Sumut, abu vulkanik berbahaya bagi saluran pernapasan.

“Diimbau kepada masyarakat agar memakai masker dikarenakan abu vulkanik tersebut berbahaya mengandung belerang, kaca dan racun dan ada efek kepada saluran pernafasan atau paru-paru. Dua jam ke depan abu mengarah ke Medan-Langkat,” demikian isi imbauan dari Dinkes Sumut.

Penulis / Editor : Amri

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x