x

Tuntut Ranperda Masyarakat Adat, Ratusan Massa AMAN Geruduk Kantor Gubsu

1 minutes reading
Monday, 7 Sep 2020 09:30 0 93 admin

BICARAINDONESIA-Medan : Ratusan massa yang mengatasnamakan dirinya Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN), berunjukrasa yang ke Kantor Gubernur Sumatera Utara di Jl. Diponegoro, Medan, Senin (7/9/2020).

Pantauan dilapangan, unjukrasa itu terpusat di Kantor Gubsu setelah sebelumnya massa melakukan aksi berjalan kaki (longmarch) dari Lapangan Merdeka sebagai titik kumpul.

Sejumlah spanduk dan poster berisi tuntutan mereka terkait Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Tata Cara Pengakuan, Perlindungan Hak dan Penetapan Masyarakat Adat Sumut turut mereka usung.

“Kami minta Ranperda Tata Cara Pengakuan, Perlindungan Hak dan Penetapan Masyarakat Adat Sumut turut mereka usung itu segera disahkan,” teriak koordinator aksi saat berorasi membacakan satu dari 9 point tuntutan mereka.

Sementara, guna mengantisipasi segala kemungkinan, sebanyak 1 SSK Personel Brimob Polda Sumut disiagakan. Komandan Kompi 4 Batalyon A Pelopor Sat Brimob Polda Sumut AKP Sardi, SE, MH, langsung memipimpin pengamanan aksi tersebut.

“Sampai berita ini diturunkan, massa yang lebih kurang berjumlah 500 orang tersebut telah meninggalkan Kantor Gubernur Sumut menuju Gedung DPRD Sumut di Jl. Imam Bonjol guna melanjutkan penyampaian aspirasiā€, ungkap Humas Brimob Poldasu Brigadir Rizki SN.

Selain Kantor Gubernur dan DPRD, massa juga akan melakukan aksi dengan aspirasi serupa ke Kantor BPN Sumut di Jl. Brigjen Katamso.

Penulis : Feri Af
Editor : Yudis

 

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x