ACT-MRI Sumut Kirimkan Tim DERM ke Lokasi Gempa Pasbar

BICARAINDONESIA-Medan : Gempa magnitudo 6,2 mengguncang Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Jumat (25/2/2022) pukul 08.39 WIB, dengan pusat gempa berada di 0.15 LU, 99.98 BT atau di darat 17 km Timur Laut Pasaman Barat dan berada di kedalaman 10 kilometer.

Koordinator Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono menjelaskan gempa kuat M 6,2 didahului gempa M 5,2 yang hanya berselang 4 menit.

Dugaannya dipicu Sesar Besar Sumatra dengan mekanisme geser menganan (strike slip dextral). Gempa M 6,2 ini jenisnya gempa kerak dangkal atau ‘shallow crustal earthquake’ yang dipicu aktivitas sesar aktif (active fault).

“Gempa kerak dangkal M 6,2 ini dipicu oleh aktivitas Sesar Besar Sumatra tepatnya pada Segmen Angkola bagian selatan, diperkirakan berpotensi destruktif/kerusakan,” kata Daryono di akun Twitter pribadinya, Jumat (25/2/2022).

Tim Disaster Emergency Response and Relief Management (DERM) MRI-ACT Sumut dengan cepat merespon bencana gempa yang terjadi di Pasaman Barat tersebut.

Andri selaku tim yang ditugaskan langsung menuju lokasi gempa menejelaskan mereka akan berangkat dengan membawa bantuan pangan dan armada rescue untuk membantu para korban gempa.

Tim dengan perbekalan alat keselamatan diperkirakan akan tiba di lokasi, Minggu (26/2/2022) dengan perjalanan darat selama lebih kurang 19 jam.

“Insya Allah, menanggapi informasi gempa ini kita akan langsung turun kelapangan membantu para korban dan para pengungsi. Kita juga membawa bantuan pangan dan armada rescue, jika tidak ada halangan kita akan sampai besok pagi di Pasaman Barat.” ungkap Andri.

Bersamaan dengan itu ACT Pusat hari ini juga mengirimkan beberapa armada kemanusiaan seperti ambulan, mobil rescue, food bus dan pengangkut logistik yang diberangkatkan dari Jakarta beserta tim DERM dan tim Medis.

Ini merupakan salah satu ikhtiar cepat Aksi Cepat Tanggap untuk membantu para korban gempa di Pasaman Barat, Sumatera Barat.

“Kita berikhtiar penuh dengan menggerakan seluruh kemampuan kita untuk membantu para korban gempa, hari ini kita juga mengirimkan armada kemanusiaan kita melalui tim pusat Jakarta,” lanjut andri.

Penulis / Editor : Rill / Amri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *