x

Koordinator Pungli di Tanjung Priok Berhasil Ditangkap

2 minutes reading
Saturday, 12 Jun 2021 05:29 0 119 Ika Lubis

BICARAINDONESIA-Jakarta : Seorang koordinator pungutan liar atau pungli berinisial AZA (39) yang menjalankan aksinya di area JICT, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara ditangkap pihak kepolisian. AZA merupakan atasan dari para pelaku lainnya dan bertugas memilih truk yang dibongkar muat, yang ditangkap pada Jumat malam (11/6/2021).

“Atasan yang tujuh orang kemarin ditangkap,” kata Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Putu Kholis, Sabtu (12/6/2021).

Putu mengatakan, pelaku merupakan karyawan outsourcing dari PT MTI. Ia berwenang mengawasi dan memerintahkan para operator crane untuk memilih truk mana yang akan dibongkar muat lebih dulu.

“Yang bersangkutan mengetahui aktivitas para operator di bawah pengawasannya yang melakukan pungli dengan modus meletakkan kantong plastik atau botol air mineral,” terangnya.

Dari hasil pungli tersebut, pelaku kerap mengambil uang sebesar Rp 100 ribu sampai Rp 150 ribu per hari. Dia juga mengatur anak buahnya agar dapat lepas dari tuduhan pungli.

“Yang bersangkutan mengakui memberikan pengumuman di grup WA ‘Dapur RTGC A’ ketika Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Priok melakukan penindakan pungli sebagai langkah-langkah antisipasi agar bisa menyangkal kegiatan yang mereka lakukan,”kata Putu.

Diketahui, saat ini Polri menginstruksikan jajarannya di seluruh Tanah Air untuk memberantas aksi pungutan liar (pungli) dan tindak premanisme. Hal ini usai Presiden Jokowi memerintahkan Kapolri setelah mendengar keluhan dari para sopir truk kontainer terkait pungli.

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x