x

Sedot Dana Rp336 Juta Lebih, Proyek Food Court UIN Sumut di Jalan Sutomo Mubajir dan Diduga Jadi Bancakan Oknum

2 minutes reading
Tuesday, 4 Jan 2022 17:34 0 241 rizaldyk

BICARAINDONESIA-Medan : Terkesan tak belajar dari semua kasus yang menerpa, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN Sumut) kembali jadi perbincangan dan sorotan publik.

Kali ini, pihak UIN Sumut terkesan diam-diam membangun Food Court VIP di Kampus I Jalan Sutomo Ujung, Medan. Bangunan yang menyedot dana Badan Layanan Umum (BLU) sebesar Rp336.676.770,- itu terancam mangkrak.

Pasalnya, selain ada dugaan pengalihan tempat, pengerjaannya terlihat tak selesai hingga, Senin (3/1), dan telah melampaui 58 hari kerja dalam kontrak.

Informasi yang berhasil dihimpun, bangunan Food Court seyogianya dibangun di Kampus UINSU Jalan Williem Iskandar Medan Estate, bukan di Kampus I Jalan Sutomo Ujung.

Kemudian, di papan pengumuman tertera, proyek dikerjakan CV Putra Deli dengan nomor kontrak 03/PPK-UINSU/SPK/FC/XI/2021 tertanggal 3 November 2021, dengan masa pengerjaan 58 hari kerja, terhitung 3 November 2021.

Diduga untuk mengelabui, bangunan Food Court VIP di Kampus I UIN Sumut Jalan Sutomo Ujung Medan, yang belum selesai, sengaja dipasang atap seng. / Ist

Faktanya hingga berita ini tayang, proyek bangunan Food Court tak kunjung selesai. “Proyek itu diduga melanggar kontrak dan terancam mangkrak,” tegas OK Muhammad Efendi, alumni Fakultas Syariah.

Menurutnya, ada kesan penghamburan uang dan sekadar mengejar target proyek sehingga terkesan tanpa pengkajian matang. “Selain tempatnya dalam kampus, Food Court itu tersembunyi dari akses umum dan kesannya, Prof. Syahrin selaku Rektor hanya tahu menghambur-hamburkan uang negara,” terang Efendi.

Lagian, katanya, di kampus itu ada sejumlah kantin, sekadar untuk memenuhi kebutuhan intern kampus, lebih dari cukup. “Mubazir itu, buat kantin lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Moraluddin Harahap alias Mora, selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) kampus UIN Sumut, yang dikonfirmasi langsung www.bicaraindonesia.net via pesan singkat WhatsApp di nomor +62 821-6318-xxxx, mengaku sedang rapat dan akan menghubungi kembali.

Namun hingga berita ini terbit, PPK belum juga memberikan jawaban sepatah kata pun, terkait konfirmasi tersebut. “Waalaikum salam wr. Sebentar ya dek, lagi ada rapat. Nanti abg telpon ya,” ujar Mora berkilah.

Penulis / Editor : Amri Abdi

No Comments

Leave a Reply

LAINNYA
x